Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekrutmen BUMN Akan Ditutup Hari Ini, Simak Tips Mencari Lowongan Kerja

Bagi Anda yang sedang mencari pekerjaan, jangan lupa untuk mengirim sebelum pukul 23.59 WIB malam ini.
hari terakhir pendaftaran rekrutmen bersama BUMN 2023
hari terakhir pendaftaran rekrutmen bersama BUMN 2023

Bisnis.com, JAKARTA - Rekrutmen Bersama Badan Usaha Milik Negara (BUMN) atau RBB akan ditutup hari ini, Sabtu (20/5/23) pukul 23:59 WIB. Registrasi RBB ini sebelumnya dibuka pada 11 hingga 20 Mei 2023.

RBB menyediakan sebanyak lebih dari seribu lowongan pekerjaan yang bisa didaftar oleh masyarakat. Ada lima tahapan dalam rekrutmen ini, yaitu registrasi dan seleksi administrasi, tes online tahap 1, tes online tahap 2, proses seleksi di BUMN, dan pengumuman final. Ketersediaan lowongan dalam RBB ini ada sebanyak 410 lowongan dan masih tersedia sebanyak kurang lebih 30.000 kuota pendaftar. 

Jika belum mendapatkan kesempatan mendaftar dan mengikuti RBB, Anda tidak perlu khawatir karena masih banyak lowongan pekerjaan yang dibuka.

Berikut kiat-kiat mencari lowongan kerja:

1. Cari melalui situs atau aplikasi pencarian lowongan pekerjaan

Semakin berkembangnya teknologi, terutama internet, banyak situs yang mulai memudahkan kita. Sekarang ini sudah banyak situs pencarian lowongan kerja yang terintergrasi dan kredibel. Anda bisa mencari lowongan pekerjaan melalui situs-situs tersebut.


2. Cari melalui media sosial

Selain situs dan aplikasi, media sosial juga sering menjadi sarana pencarian lowongan pekerjaan. Di media sosial mungkin akan lebih banyak lowongan pekerjaan karena siapa pun bisa mengunggah apa pun. 


3. Bangun koneksi

Bangun koneksi dengan mengikuti kegiatan-kegiatan yang dapat mengembangkan kemampuan, seperti lokakarya atau seminar. Ketika mendapatkan banyak koneksi, termasuk orang-orang penyedia pekerjaan, Anda bisa dengan mudah mendapatkan informasi lowongan pekerjaan.


4. Tingkatkan kemampuan untuk menarik rekruter

Tingkatkan kemampuan, seperti melakukan pelatihan atau membuat proyek, lalu unggah di media sosial. Media sosial yang dipilih salah satunya melaui LinkedIn. Jika sering memamerkan nilai dan kualitas, Anda mungkin akan dihubungi langsung oleh rekruter untuk menawarkan pekerjaan.


5. Berhati-hati

Setelah mendapatkan informasi lowongan pekerjaan di situs, aplikasi, media sosial, atau dari koneksi, berhati-hatilah dengan segala informasi yang ada. Banyak penipuan lowongan pekerjaan yang marak di kalangan masyarakat. Pastikan lowongan pekerjaan yang akan Anda ambil aman dan benar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper