Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

H+3 Lebaran Penyeberangan di Pelabuhan Lembar NTB Melonjak 15 Persen, 21 Kapal Dioperasikan

Arus balik pemudik dari Lombok, Nusa Tenggara Barat ke Bali dan pulau Jawa di pelabuhan Lembar mulai terasa. 
Ilustrasi pelayaran dari Pelabuhan Lembar./Istimewa
Ilustrasi pelayaran dari Pelabuhan Lembar./Istimewa

Bisnis.com, DENPASAR – Arus balik pemudik dari Lombok, Nusa Tenggara Barat ke Bali dan pulau Jawa di pelabuhan Lembar mulai terasa. 

Ketua Gabungan Pengusaha Angkutan Sungai, Danau dan Ferry (Gapasdap) Lembar, Denny F Anggoro menjelaskan arus balik pemudik sudah dimulai pada H+2 lebaran. Terdapat peningkatan penumpang sejumlah 15 persen jika dibandingkan dengan kondisi sebelumnya. 

“Sudah terjadi peningkatan penumpang yang akan berangkat ke pelabuhan Padang Bai di jam - jam tertentu, rata - rata penumpang merupakan pemudik yang akan balik ke Bali. terlihat dari kendaraan roda dua yang mendominasi sepanjang arus mudik dan balik pada lebaran kali ini,” jelas Denny saat dikonfirmasi Bisnis, Selasa (25/4/2023). 

Denny menjelaskan tidak ada penumpukan antrian hingga berjam - jam di pelabuhan Lembar walaupun ada peningkatan karena arus balik dan arus mudik. Gapasdap juga mengoperasikan 25 kapal untuk melayani para pemudik. 

Selain itu adanya rute Lembar - Tanjungwangi dan Lembar - Tanjung Perak, Surabaya juga berkontribusi mengurai keramaian di pelabuhan Lembar, para pemudik yang akan balik ke pulau Jawa bisa langsung menggunakan rute tersebut tanpa harus melalui Bali terlebih dahulu. 

Kendaraan logistik juga belum terlalu ramai seperti pada kondisi normal, berkurangnya arus kendaraan logistik dampak dari libur lebaran. “Kendaraan logistik belum banyak terlihat, hanya beberapa saja,” jelas Denny. 

Gapasdap menjamin arus mudik maupun balik di pelabuhan lembar berlangsung lancar tanpa ada hambatan yang berarti. Gapasdap dan ASDP juga melengkapi sejumlah fasilitas umum di pelabuhan seperti toilet, mushola yang menunjang aktivitas pemudik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Saputra
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper