Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Transaksi Antarpulau Meningkat, Tokopedia Full Senyum selama Ramadan 2023

Pada Ramadan 2023, jumlah transaksi online antarpulau meningkat hingga dua kali lipat.
Pelaku UMKM memanfaatkan marketplace Tokopedia untuk menjual produknya. Digitalisasi UMKM menjadi faktor penting untuk bangkit dari keterpurukan ekonomi akibat pandemi Covid-19/Bisnis-Dinda Wulandari
Pelaku UMKM memanfaatkan marketplace Tokopedia untuk menjual produknya. Digitalisasi UMKM menjadi faktor penting untuk bangkit dari keterpurukan ekonomi akibat pandemi Covid-19/Bisnis-Dinda Wulandari

Bisnis.com, JAKARTA - Peningkatan transaksi e-commerce antarpulau di Indonesia terus mengalami kenaikan dalam di beberapa wilayah selama dua minggu pertama Ramadan 2023.

Transaksi antarpulau paling tinggi terjadi di Banyuasin, Sumatra Selatan; Kampar, Kepulauan Riau; dan Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat.

Ketiga wilayah itu mengalami peningkatan transaksi lebih dari dua kali lipat selama awal Ramadhan 2023, dibandingkan periode sama pada 2022. 

Direktur Corporate Affairs Tokopedia, Nuraini Razak mengatakan adanya transaksi antarpulau yang meningkat signifikan dapat disebabkan oleh beberapa faktor.

"Jadi, peningkatan ini karena ada inisiatif ecommerce yang makin mendekatkan penjual dan pembel lokal. Lalu peningkatan transaksi ini juga sebab seller-nya juga sekarang jauh lebih banyak," terangnya dalam Media Gathering Tokopedia, Senin (10/4/2023). 

Menurutnya, dalam beberapa tahun terakhir, banyak pelaku usaha di Indonesia yang telah mulai menjual produk-produk lokal mereka secara online. Lantaran, banyak masyarakat yang saat ini memilih untuk berbelanja secara online untuk menghindari kerumunan di pasar tradisional dan minimarket yang biasanya ramai selama Ramadan. 

“Kalau dulu kan harus pergi ke kota ya. Tapi, sekarang masyarakat lebih sadar dan memanfaatkan belanja online, karena adanya kemudahan, kecepatan, dan kenyamanan,” ujarnya.

Nuraini menjelaskan, banyaknya penawaran diskon dan promo yang diberikan oleh marketplace dan toko online juga makin mendorong para pembeli untuk membeli produk-produk tertentu. 

“Selain memanfaatkan fitur yang ada di e-commerce, sebagai penjual juga harus perhatikan kelengkapan deskripsi barang, terus responsif, nah itu jadi nilai tambah bagi customer, ujarnya.  

Dia mengungkapkan ada beberapa informasi yang bisa ditambahkan pada sebuah produk agar bisnis yang dijalankan makin menarik dan mudah dipercaya. Beberapa di antaranya adalahh:

Foto produk yang jelas dan orisinil, fitur produk, keunggulan produk, garansi produk bila ada, dan tips penggunaan produk (bila ada dan diperlukan)," katanya pada Bisnis. 

Di sisi lain, Ramadan merupakan momen yang selalu dinantikan banyak masyarakat Indonesia setiap tahun. Selain sebagai bulan suci dalam agama Islam, Ramadan juga menjadi momen yang spesial untuk bersilaturahmi dengan keluarga dan teman-teman. 

Banyak masyarakat Indonesia yang juga antusias untuk berbelanja berbagai produk kebutuhan Ramadan dan Lebaran, seperti baju baru, makanan khas, dan perlengkapan dekorasi.

Hal ini sesuai dengan laporan yang menunjukkan sebanyak sembilan dari sepuluh masyarakat Indonesia berencana untuk berbelanja pada saat Ramadhan tahun ini. Sekitar 80 persen konsumen digital pun akan mempertahankan bahkan meningkatkan penggunaan layanan digital pada tahun 2023.

Berdasarkan data internal Tokopedia menunjukkan fesyen, otomotif, rumah tangga, perawatan diri, serta makanan dan minuman menjadi sejumlah kategori yang paling laris selama dua minggu pertama puasa dibandingkan minggu biasanya.

Nuraini  memaparkan pada kategori produk Fesyen di Tokopedia, scarf wanita, baju koko pria dan busana muslim keluarga masing-masing mengalami peningkatan transaksi hingga lebih dari tujuh kali lipat di dua minggu pertama Ramadan.

“Kegiatan khas Ramadan, seperti bukber, cenderung membuat masyarakat lebih memperhatikan penampilan,” jelasnya. 

Pada kategori produk perawatan diri, Tokopedia pun mencatat parfum dan cologne, produk kesehatan gigi dan mulut, serta perlengkapan mandi menjadi sejumlah produk yang paling diburu masyarakat di dua minggu pertama Ramadan. 

Sementara itu masyarakat juga tampak mempersiapkan kendaraan untuk mudik. Buktinya, produk seperti spare part mobil, produk perawatan mobil dan produk interior mobil menjadi yang paling laris. 

Interior mobil seperti kasur mobil, tempat tisu mobil dan bantal mobil bahkan mengalami peningkatan transaksi hampir dua kali lipat.

Pada kategori produk rumah tangga di Tokopedia, transaksi perlengkapan ruang tamu dan keluarga (seperti sarung bantal, cover sofa dan taplak meja), penyimpanan makanan (seperti toples makanan, alumunium foil dan plastik wrapping) dan peralatan baking (seperti cetakan kue, kuas kue dan tatakan kue) mengalami peningkatan signifikan di dua minggu pertama Ramadhan.

“Hampers juga tak kalah diminati. Nah, kini sudah ada hampers berbagai macam jenis dan wilayah, itu juga mengalami peningkatan,” tutupnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Arlina Laras
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper