Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Hutama Karya Optimistis Proyek Jalan Tol IKN Rampung 2024

Hutama Karya menargetkan pembangunan Jalan Tol Akses 3A Karangjoang-KKT Kariangau di IKN bakal selesai pada 2024.
Proyek Jalan Lingkar Sepaku di IKN - Dok. Kementerian PUPR.
Proyek Jalan Lingkar Sepaku di IKN - Dok. Kementerian PUPR.

Bisnis.com, JAKARTA - PT Hutama Karya (Persero) Tbk. menargetkan pembangunan Jalan Tol Akses 3A Karangjoang-KKT Kariangau di Ibu Kota Nusantara (IKN) bakal selesai pada 2024.

Executive Vice President (EVP) Sekretaris Perusahaan Hutama Karya, Tjahjo Purnomo, mengatakan bahwa saat ini pembangunan Jalan Tol akses 3A Karangjoang-KKT Kariangau sudah memulai pembangunan tahap awal. Pada saat bersamaan, Tjahjo menuturkan proses pembebasan lahan untuk jalan tol tersebut masih terus berjalan.

Tjahjo mengaku optimistis proyek jalan tol IKN dapat berjalan dengan lancar. Apalagi, portfolio kerja Hutama Karya sudah cukup banyak dalam merampungkan proyek-proyek strategis di daerah Kalimantan seperti Jembatan Pulau Balang, Jalan Tol Balikpapan-Samarinda, Bandara Samarinda Baru, Wisma Atlet, RSUD Kota Baru, PLBN Entikong.

“Hutama Karya optimis dapat menyelesaikan pembangunan segmen 3A Karangjoang – KTT Karingau sepanjang 13,4 km dengan tepat waktu dan tepat mutu sehingga dapat mempermudah akses menuju Kawasan inti IKN yang semula menempuh perjalanan 2 jam menjadi 30 menit saja,” kata Tjahjo dalam keterangan resminya, Selasa (1/3/2023).

Pembangunan jalan tol IKN akan terbagi dalam 3 segmen yang akan digarap oleh beberapa BUMN Karya yakni segmen 3A Karangjoang - KKT Kariangau sepanjang 13,4 km, Segmen 3B KKT Kariangau - Simpang Tempadung sepanjang 7,32 km dan Segmen 5A simpang Tempadung-Jembatan Pulau Balang sepanjang 6,67 km. 

Selain itu, Tjahjo menyampaikan bahwa dalam proyek ini, Hutama Karya melakukan pekerjaan pembangunan jalan baru sepanjang 9,96 km dan pembangunan jembatan baru yang melewati sungai dan rawa sepanjang 3,43 km.

“Pada pengerjaan proyek ini Hutama Karya tergabung dalam kerja sama operasi (KSO) dengan Adhi Karya dan Brantas Abipraya, fokus pengerjaan pada seksi 3A saja,” ujarnya.

Lebih lanjut, Tjahjo mengatakan bahwa selain menargetkan proyek rampung tepat waktu, Hutama Karya selaku kontraktor berkomitmen untuk memberikan jaminan mutu dengan kualitas terbaik dan memperhatikan aspek kelestarian lingkungan serta memperhatikan aspek K3 di lapangan.

Harapannya dengan hadirnya jalan tol IKN yang digarap oleh Hutama Karya dapat memberikan kemudahan akses transportasi, merepresentasi bangsa yang unggul dengan mewujudkan smart city (kota pintar), membuka lapangan pekerjaan baru, menjadi destinasi pariwisata dan meningkatkan perekonomian daerah sekitar. 

“Sesuai dengan arahan dari Presiden Jokowi untuk mengusung kawasan hijau dan menerapkan visi future smart forest city kita harus seminimal mungkin melakukan penebangan pohon dan menjaga lingkungan,” ungkap Tjahjo.

Diberitakan sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) memastikan bahwa Proyek Jalan Tol Kawasan Inti IKN akan rampung akhir 2024.

“[Proyek] ini InshaAllah akan diselesaikan pada akhir 2024 ke Kawasan inti,” kata Jokowi dikutip melalui Youtube Sekretariat Presiden, Rabu (22/2/2023).

Jokowi menegaskan bahwa nantinya infrastruktur jalan penghubung ini akan mempersingkat jarak tempuh dari Balikpapan menuju Kawasan Inti IKN.

“Ya, ini jalan tol dari Balikpapan menuju ke Kawasan Inti IKN yang jaraknya kurang lebih 40-an kilometer (km) dapat ditempuh kurang lebih 30 menit dari Balikpapan sudah berjalan lapangannya, kita bisa lihat, kita harapkan ini menjadi infrastruktur pertama yang dibangun dalam rangka pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN),” katanya.

Meski demikian, Jokowi menegaskan agar pembangunan jalan bebas hambatan tersebut tetap berprinsip terhadap konsep yang ditetapkan secara bersama yaitu kota hutan dan kota pintar (forest city and smart city).

“Yang paling penting yang selalu saya ingatkan untuk yang di lapangan yang berkaitan dengan lingkungan, karena konsep kota yang ingin kita hadirkan di Ibu Kota Nusantara adalah konsep lingkungan,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Muhammad Ridwan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper