Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Orang RI Doyan Belanja, BI Ramal Transaksi E-Commerce Rp572 Triliun

Bank Indonesia meramal transaksi e-commerce akan tembus Rp572 triliun pada tahun depan.
Alifian Asmaaysi
Alifian Asmaaysi - Bisnis.com 30 November 2022  |  13:53 WIB
Orang RI Doyan Belanja, BI Ramal Transaksi E-Commerce Rp572 Triliun
Ilustrasi konsumen yang berbelanja secara daring melalui e-commerce di ponsel mereka - Freepik
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Bank Indonesia memproyeksikan transaksi keuangan digital, khususnya belanja daring atau e-commerce tembus Rp572 triliun pada 2023.

Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo dalam Pertemuan Tahunan Bank Indonesia melaporkan meski ekonomi tahun 2023 diproyeksi penuh tantangan, daya konsumsi masyarakat diramal masih cukup tinggi.

"Ekonomi keuangan digital meningkat pesat pada 2023, transaksi e-commerce mencapai Rp572 triliun, uang elektronik Rp508 triliun dan perbankan digital lebih dari Rp67 ribu," jelas Perry pada Senin (30/11/2022).

Perry melanjutkan, stabilitas eksternal serta transaksi akan berjalan seimbang disusul dengan neraca modal surplus dari penanaman modal asing yang diharapkan turut meningkat.

Sebelumnya, Bank Indonesia melaporkan catatan transaksi loka pasar atau e-commerce mengalami peningkatan pada Semester I/2022.

“Secara volume, [transaksi e-commerce] meningkat sebesar 39,9 persen secara tahunan hingga mencapai 1,74 juta transaksi,” tulis BI dalam Buku Kajian Stabilitas Keuangan edisi September 2022, dikutip Rabu (30/11/2022).

Untuk menjaga momen tersebut, Perry Wijayanto menjelaskan bahwa sinergi dan inovasi menjadi kunci utama dalam menjaga stabilitas serta ketahanan ekonomi nasional.

"Sinergi dan inovasi adalah kata kunci untuk ketahanan dan kebangkitan ekonomi nasional. Perlu diperkuat menghadapi gejolak global dan kebangkitan tahun depan," jelas Perry.

Nantinya, Bank Indonesia akan terus membangun kerja sama dan koordinasi erat dengan pemerintah serta KSSK dalam upaya menjaga ketahanan ekonomi Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Bank Indonesia e-commerce perry warjiyo
Editor : Feni Freycinetia Fitriani
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top