Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Petani Geruduk Kantor Sri Mulyani, Tolak Kenaikan Tarif Cukai Rokok

Sekelompok petani melakukan aksi demo di depan kantor Menkeu Sri Mulyani. Mereka menolak kenaikan tarif cukai tembakau pada 2023.
Wibi Pangestu Pratama
Wibi Pangestu Pratama - Bisnis.com 28 November 2022  |  10:41 WIB
Petani Geruduk Kantor Sri Mulyani, Tolak Kenaikan Tarif Cukai Rokok
Sekelompok petani menggelar aksi demo di depan kantor Kementerian Keuangan RI, Jakarta Pusat pada Senin (28/11/2022). Mereka menolak kenaikan tarif cukai hasil tembakau (CHT) pada 2023. - Bisnis / Wibi Pangestu Pratama.
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Kelompok petani menggelar aksi demonstrasi di depan Kementerian Keuangan atau kantor Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, di Jakarta Pusat untuk menolak kenaikan tarif cukai hasil tembakau (CHT) rata-rata 10 persen pada 2023.

Aksi unjuk rasa itu berlangsung pada Senin (28/11/2022) mulai pukul 09.00 WIB. Berdasarkan pantauan Bisnis, massa pengunjuk rasa telah berkumpul di Jalan Dr. Wahidin Raya atau di depan Kantor Kementerian Keuangan. 

Sebagian di antara para kelompok petani tampak mengenakan kaos berwarna merah. Mereka membentangkan dan memasangkan sejumlah spanduk mengenai keluhan nasib para petani tembakau yang semakin tercekik.

Orator aksi menyinggung bahwa berbagai kebijakan yang ada cenderung memberatkan petani. Dia pun menyerukan agar pemerintah dapat membuat harga jual tembakau di tingkat petani meningkat, sehingga mereka dapat lebih sejahtera.

"Kami gak apa-apa gak terima DBH [dana bagi hasil], asal harga jual tembakau naik," ujar salah satu orator seperti dikutip Bisnis, Senin (28/11/2022). 

Kelompok petani menuntut Menteri Keuangan Sri Mulyani untuk datang dan mendengarkan aspirasi mereka. Tak lama berselang, terjadi pelemparan botol minum plastik ke dalam area parkir karena belum terdapat pihak Kemenkeu yang hadir.

Setelah itu, Staf Khusus Menkeu Bidang Komunikasi Strategis Yustinus Prastowo, Sekjen Kemenkeu Heru Pambudi, serta Direktur Komunikasi dan Bimbingan Pengguna Jasa Direktorat Jenderal Bea Cukai Kemenkeu Nirwala Dwi Heryanto tampak berada di depan Gedung Juanda 1 Kemenkeu, Jakarta.

Pihak Kemenkeu pun menerima 11 orang perwakilan kelompok petani untuk berdialog di Holding Room Aula Mezanine Gedung Juanda 1 Kemenkeu.

Hingga berita ini ditulis, para perwakilan petani masih berdialog dengan pihak Kemenkeu RI. Massa masih menyampaikan tuntutannya di depan Kantor Kemenkeu RI. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

demonstrasi sri mulyani cukai hasil tembakau
Editor : Feni Freycinetia Fitriani
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top