Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

KTT G20 Bali Resmi Ditutup, Jokowi Tersenyum Lega

Jokowi nampak tersenyum lega saat menutup Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 Bali yang berakhir pada hari ini, Rabu 16 November 2022.
Khadijah Shahnaz
Khadijah Shahnaz - Bisnis.com 16 November 2022  |  14:31 WIB
KTT G20 Bali Resmi Ditutup, Jokowi Tersenyum Lega
Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) saat menutup KTT G20 Bali di The Apurva Kempinski, Bali pada Selasa (15/11 - 2022). Dok. Youtube Setpres RI.
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) nampak tersenyum lega saat menutup Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 yang berlangsung pada 15-16 November di Candi Ballroom The Apurva Kempinski, Bali.

Wajah Mantan Walikota Solo itu terlihat tersenyum lega ketika menyampaikan bahwa KTT G20 berhasil mengesahkan deklarasi pemimpin atau Leaders' Declaration.

"Alhamdulillah, hari ini kita dapat mengadopsi dan mengesahkan G20 Bali Leaders' Declarations ini adalah deklarasi pertama yang bisa diwujudkan sejak Februari 2022," kata Jokowi saat menutup KTT G20 Bali yang digelar di The Apurva, Kempinski, Nusa Dua, Bali pada Rabu sore (16/11/2022).

Selain itu, Jokowi juga menyampaikan apresiasi terhadap para kepala negara yang telah hadir karena telah memberikan fleksibilitasnya sehingga deklarasi dapat disepakati dan disahkan.

"Saya juga ingin menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada seluruh working group dan engagement group atas dedikasi , sumbangan, pemikiran, dan kontribusinya bagi Presidensi G20 Indonesia," ujarnya.

Jokowi juga mengungkapkan selain deklarasi, Presidensi Indonesia juga berhasil membuahkan hasil konkret, yaitu hasil kerja yang berisi daftar proyek kerja sama Negara anggota G20 dan undangan. Jokowi menilai proyek kerja sama ini akan membantu membumikan kerja G20 lebih dekat dengan rakyat.

"Memastikan G20 bermanfaat tidak saja untuk anggotanya, tetapi juga bagi dunia, dan utamanya Negara-negara berkembang. Let us recover together, recover stronger," ucap Jokowi.

Adapun, bersamaan dengan ditutupnya KTT G20 Bali, Presiden Jokowi resmi menyerahkan Presidensi G20 dari Indonesia ke India. Dengan demikian, India akan menjadi Presidensi G20 sekaligus tuan rumah KTT G20 pada 2023.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Jokowi g20 KTT G20 G20 Indonesia
Editor : Fitri Sartina Dewi
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top