Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Proyek 3 Pelabuhan Tuntas, Siap Layani Tamu Penting Jokowi di G20 Bali

Kemenhub telah menyelesaikan pembangunan 3 pelabuhan yang siap melayani transportasi antarpulau bagi tamu kenegaraan Jokowi saat G20.
Anitana Widya Puspa
Anitana Widya Puspa - Bisnis.com 10 November 2022  |  09:20 WIB
Proyek 3 Pelabuhan Tuntas, Siap Layani Tamu Penting Jokowi di G20 Bali
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. - Kemenhub
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) telah menyelesaikan pembangunan 3 pelabuhan di Provinsi Bali meningkatkan konektivitas antarpulau saat penyelenggaraan KTT G20.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan pembangunan Pelabuhan Sanur, dan Pelabuhan Sampalan serta Pelabuhan Bias Munjul, akan melengkapi konektivitas transportasi di kawasan segitiga emas (Sanur, Nusa Penida, Nusa Ceningan).

Sebelum dibangun, pelabuhan ini masih merupakan pelabuhan tradisional dan belum memiliki fasilitas pendukung seperti dermaga, sehingga wisatawan yang mau naik kapal harus masuk ke air di pinggir pantai.

"Setelah dibangun, ketiga pelabuhan ini memiliki wajah baru, lebih nyaman, memiliki fasilitas dermaga dan fasilitas lainnya, dan memenuhi aspek keselamatan," ujarnya dalam siaran pers, dikutip Kamis (10/11/2022).

Dia menjelaskan pembangunan Pelabuhan Sanur sudah dimulai sejak Desember 2020 dan selesai pada tahun ini. Desain bangunan terminal dibuat oleh arsitek asal Bali (Popo Danes), yang kental nuansa kearifan lokal.

Budi Karya melanjutkan bangunan terminal didesain menyerupai perahu mecadik atau kapal tradisional sehingga menjadi daya tarik bagi wisatawan.

Dia berharap kehadiran pelabuhan ini makin meningkatkan kenyamanan bagi masyarakat yang berwisata, berlibur, atau masyarakat setempat yang ingin beribadah. Serta dapat mendukung sektor pariwisata di Bali, dan akan meningkatkan geliat ekonomi masyarakat di Bali dan sekitarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

menhub Kemenhub pelabuhan pelabuhan benoa bali
Editor : Rio Sandy Pradana
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top