Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Indonesia Tampilkan Metaverse IKN di KTT G20, Strategi Jitu Gaet Investor?

Dalam agenda hari pertama KTT G20 pada 15 November 2022 akan terdapat agenda selingan yang akan menampilkan metaverse IKN Nusantara.
Muhammad Ridwan
Muhammad Ridwan - Bisnis.com 09 November 2022  |  20:22 WIB
Indonesia Tampilkan Metaverse IKN di KTT G20, Strategi Jitu Gaet Investor?
Presiden Jokowi pada acara Ibu Kota Nusantara Sejarah Baru Peradaban Baru di The Ballroom Djakarta Theater, Jakarta, Selasa (18/10/2022) - BPMI Setpres - Muchlis Jr.
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Gelaran Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 dinilai tidak akan menjadi ajang yang efektif untuk menggaet investor dalam pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Pasalnya, fokus utama pertemuan tersebut masih kepada isu-isu krusial secara global.

Direktur Ekonom Center of Economic and Law Studies (Celios), Bhima Yudhistira, mengatakan fokus utama KTT G20 adalah untuk mencapai kesepakatan damai di antara negara yang terlibat konflik di perang Ukraina. Posisi G20 juga berada di tengah-tengah polarisasi dan kekhawatiran resesi global, sehingga pembahasan soal IKN mungkin tidak menonjol.

Dia menilai, topik dalam G20 juga berkisar pada transformasi digital, arsitektur kesehatan dan transisi energi bersih. Secara rinci mengajukan pindah IKN dalam G20 sepertinya kurang relevan dalam pembahasan utama.

"Beberapa negara juga mengalami inward looking atau melihat risiko kedalam sehingga untuk investasi di mega proyek seperti IKN daya tariknya relatif kecil," kata Bhima kepada Bisnis, Rabu (9/11/2022).

Sebelumnya, Sekretaris Kementerian Sekretariat Negara, Setya Utama, mengatakan dalam agenda hari pertama KTT G20 pada 15 November 2022 di Hotel Apurva, Bali akan terdapat agenda selingan yang akan menampilkan metaverse IKN Nusantara.

Pada hari pertama, akan diisi dengan working session yang bertema food and energy security yang akan dilaksanakan mulai dari pagi hingga siang hari.

"Kemudian juga di sana ada selingan pertunjukan tentang metaverse IKN sebelum mulai luncheon," ujar Setya.

Dunia virtual atau metaverse IKN telah tersedia pada platform bernama Jagat Nusantara yang telah diluncurkan langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) The Ballroom Djakarta Theater, Jakarta, pada Jumat (28/10/2022).

Menurut Jokowi, Jagat Nusantara juga akan menjadi peluang dan kesempatan untuk berbagi ilmu dan bertemu dengan orang-orang hebat dari seluruh penjuru Indonesia bahkan di dunia. Selain itu, juga memberi kesempatan untuk memperkenalkan produk-produk kebanggaan Indonesia secara global.

"Para seniman Tanah Air juga dapat berkreasi dan menikmati hasilnya seperti konser musik. Kita juga bisa berolahraga, akan menjadi pengalaman bersama yang seru. Ayo generasi muda mari kita membangun Ibu Kota Nusantara bersama-sama melalui inovasi dan kreativitas," ujar Jokowi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

IKN metaverse g20 KTT G20 G20 Indonesia
Editor : Fitri Sartina Dewi
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top