Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Penerus Warren Buffet Borong Saham Berkshire Hathaway Senilai Rp1,03 Triliun

Calon penganti Warren Buffett sebagai CEO Berkshire Hathaway Inc, Greg Abel, membeli saham saham Kelas A Berkshire Hathaway pada akhir September 2022.
Asahi Asry Larasati
Asahi Asry Larasati - Bisnis.com 04 Oktober 2022  |  21:22 WIB
Penerus Warren Buffet Borong Saham Berkshire Hathaway Senilai Rp1,03 Triliun
Chairman dan CEO Berkshire Hathaway Inc. Warren Buffett ketika menghadiri Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) Berkshire Hathaway Inc. di Omaha, Nebraska, AS, Minggu (6/5/2019). - Bloomberg/Houston Cofield
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Calon penganti Warren Buffett sebagai CEO Berkshire Hathaway Inc Greg Abel membeli saham perusahaan yang akan dipimpinnya tersebut senilai US$68 miliar atau Rp1,03 triliun.

Dilansir Bloomberg pada Selasa (4/10/2022) Abel mengakuisisi sekitar US$68 juta saham akhir bulan lalu. Saham Kelas A Berkshire Hathaway menguat 2,23 persen ke US$422.500 hari ini, setelah ditutup US$413.300 kemarin di bursa New York.

Pembelian saham ini diperkirakan bakal mulai mengurangi kekhawatiran oleh pemegang saham lain bahwa Abel yang mengawasi bisnis non-asuransi Berkshire belum menjadi pemegang saham utama, tidak seperti Warren Buffet.

Meningkatnya kepemilikan Abel di Berkshire turut menaikkan tingkat partisipasinya di perusahaan investasi tersebut lebih dari setahun setelah secara resmi disebut sebagai penerus yang paling mungkin untuk menggantikan Buffett yang berusia 92 tahun ketika dia mengundurkan diri.

Direktur penelitian VerityData mengatakan pembelian saham oleh Abel membantu menyelaraskan dia lebih dekat dengan pemegang saham Berkshire saat dia bersiap mengambil kendali perusahaan.

"Ini adalah langkah penting oleh Abel karena pembelian saham senilai hampir US$70 juta menandakan keseriusannya dan waktu pembelian pada saat saham melemah, saat kuartal ditutup, mengirimkan pesan valuasi saham yang positif," jelasnya.

Pembelian saham ini meningkatkan kepemilikan Abel di Berkshire secara signifikan. Menurut keterbukaan awal tahun ini, Abel tercatat memiliki 5 saham Kelas A dan lebih dari 2.000 saham Kelas B pada 2 Maret.

Sebelumnya Abel menjalankan lini bisnis energi Berkshire, menerima aliran dana ketika bisnis energi membeli kembali kepemilikan kecilnya senilai US$870 juta pada bulan Juni. Langkah tersebut memicu spekulasi bahwa Abel mungkin berusaha untuk memindahkan sebagian dari dana itu kembali ke perusahaan yang akan dia jalankan.

Seperti diketahui, Abel adalah salah satu eksekutif dengan kompensasi paling baik di Berkshire. Ia menghasilkan lebih dari US$19 juta total kompensasi pada tahun 2021 dari Berishire.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

warren buffett saham berkshire hathaway inc.
Editor : Aprianto Cahyo Nugroho
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top