Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

HSBC dan Temasek Dirikan Pentagreen Capital, Siap Kucurkan Pembiayaan ke Infrastruktur Hijau

Pentagreen berupaya masuk melalui skema blended finance terhadap proyek-proyek terkait hijau dan penyimpanannya, serta proyek pengelolaan air dan limbah.
Aziz Rahardyan
Aziz Rahardyan - Bisnis.com 30 Agustus 2022  |  11:48 WIB
HSBC dan Temasek Dirikan Pentagreen Capital, Siap Kucurkan Pembiayaan ke Infrastruktur Hijau
Gedung HSBC di London, Inggris, Rabu (8/8/2018). - Reuters/Hannah McKay
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - HSBC Holdings PLC dan Temasek resmi meluncurkan Pentagreen Capital, membidik pembiayaan proyek-proyek infrastruktur berkelanjutan atau infrastruktur hijau di Asia, terutama Asia Tenggara (Asean).

Pentagreen berupaya masuk melalui skema blended finance terhadap proyek-proyek terkait transportasi hijau, energi terbarukan dan penyimpanannya, serta proyek pengelolaan air dan limbah. Transaksi terkait proyek adaptasi iklim, pertanian, dan solusi berbasis teknologi, turut dipertimbangkan di masa depan.

Marat Zapparov akan ditunjuk sebagai Chief Executive Officer (CEO) Pentagreen Capital, dengan harapan membawa pengalamannya mengelola investasi di sektor infrastruktur dan energi ketika berkarir di International Finance Corporation.

"Saya bersemangat untuk memimpin perusahaan yang dibentuk oleh dua institusi kelas dunia yang berkomitmen ikut memperluas tujuan dari Paris Agreement terhadap infrastruktur di Asia," ujarnya dalam keterangan resmi, Selasa (30/8/2022).

Ke depan, Marat menyebut dengan kekuatan ekuitas US$150 juta dari kedua pendiri, Pentagreen juga berupaya mempopulerkan skema blended finance skala besar, dan membidik penyaluran pinjaman menyentuh US$1 miliar dalam lima tahun mendatang.

"Pentagreen akan berposisi sebagai sumber pembiayaan alternatif berperan mempercepat pembangunan proyek-proyek infrastruktur berkelanjutan di Asia. Kami berupaya mengisi gap antara pembiayaan infrastruktur konvensional dari bank atau investor tradisional, dalam rangka memberikan aliran modal ke proyek-proyek inovatif secara lebih fleksibel," tambahnya.

Adapun, Pentagreen juga telah menggandeng Asian Development Bank sebagai mitra strategis, yang akan memberikan pengalaman dan dukungan teknis lewat kehadirannya di negara-negara di seluruh kawasan.

Selain itu, Pentagreen juga bekerja sama dengan Clifford Capital Holdings dari Singapura, yang memiliki fokus pada solusi pembiayaan jangka panjang untuk proyek-proyek berkelanjutan, serta memiliki posisi unik untuk menyediakan pakar-pakar keuangan proyek berkelanjutan sekaligus dukungan operasionalnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

energi hijau green economy green economy hsbc
Editor : Anggara Pernando
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top