Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Akselerasi Ekonomi dan Keuangan Digital, BI Luncurkan Kartu Kredit Pemerintah dan QRIS Antarnegara

Peluncuran kartu kredit dan QRIS antarnegara juga menjadi upaya BI dalam penguatan kerja sama internasional khususnya di Asean
Maria Elena
Maria Elena - Bisnis.com 29 Agustus 2022  |  09:59 WIB
Akselerasi Ekonomi dan Keuangan Digital, BI Luncurkan Kartu Kredit Pemerintah dan QRIS Antarnegara
Warga melakukan pembayaran secara non tunai melalui QRIS Bank DKI di RSU Adyaksa, Jakarta Timur - Bank DKI
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Bank Indonesia (BI) meluncurkan alat pembayaran Kartu Kredit Pemerintah Domestik dan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) antarnegara pada hari ini, Senin (29/8/2022).

Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo menyampaikan bahwa peluncuran tersebut merupakan wujud dari komitmen BI untuk mengakselerasi ekonomi dan keuangan digital nasional, serta penguatan kerja sama internasional khususnya di Asean, sejalan dengan presidensi Indonesia di G20 2022.

“Dengan semangat bersama hari peringatan ulang tahun kemerdekaan RI, kita luncurkan kartu kredit pemerintah domestik dan QRIS antarnegara,” katanya, Senin (29/8/2022).

Perry menjelaskan, peluncuran kartu kredit pemerintah domestik dilakukan secara cepat di bawah Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, bersama dengan perbankan, Otoritas Jasa Keuangan (OJK), dan Himpunan Bank Milik Negara (Himbara.

Kartu Kredit Pemerintah, kata dia, akan dapat memfasilitasi pembelian barang dan jasa pemerintah, baik pusat maupun daerah, dengan skema pembayaran kartu kredit pemerintah yang pemrosesannya secara domestik.

“Sekaligus ini menindaklanjuti instruksi Presiden melalui Inpres No. 2/2022 yaitu menggunakan transaksi nontunai untuk belanja pemerintah, baik di pusat dan daerah, untuk mencintai produk dalam negeri,” jelasnya.

Lebih lanjut, Perry mengatakan, pada tahap awal, implementasi kartu kredit pemerintah dilakukan melalui interkoneksi QRIS.

Saat ini, interkoneksi QRIS telah didukung oleh sebanyak 85 penyelenggara QRIS dan 23 juta merchant, sehingga transaksi kartu kredit pemerintah bisa langsung dilakukan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kartu kredit QRIS Bank Indonesia
Editor : Aprianto Cahyo Nugroho
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top