Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Menteri Sri Mulyani Rayakan Ulang Tahun ke-60, Ini Profil dan Rekam Jejaknya

Menteri Keuangan Sri Mulyani yang dinobatkan sebagai salah satu menteri keuangan terbaik dunia itu pada hari ini merayakan ulang tahunnya ke-60.
Ni Luh Anggela
Ni Luh Anggela - Bisnis.com 26 Agustus 2022  |  11:25 WIB
Menteri Sri Mulyani Rayakan Ulang Tahun ke-60, Ini Profil dan Rekam Jejaknya
Menteri Keuangan Sri Mulyani dalam acara 6th Annual Islamic Financial Conference (AIFC) yang dihadiri oleh Ketua Umum Islamic Development Bank Group Muhammad Sulaiman Al Jasse yang digelar secara daring, Rabu (24/8 - 2022).
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati atau akrab disapa Ibu Ani pada hari ini, Jumat (26/8/2022) merayakan hari ulang tahun ke-60.

Sebelum menjabat sebagai Menteri Keuangan, perempuan kelahiran Bandar Lampung, 26 Agustus 1962 ini sebelumnya dikenal sebagai pengamat Ekonomi di Lembaga Penyelidikan Ekonomi dan Masyarakat Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia (LPEM FEUI). 

Berikut profil lengkap dan rekam jejak Sri Mulyani.

Sebagaimana diketahui, Sri Mulyani merupakan lulusan SMA Negeri 3 Semarang. Anak ketujuh dari 10 bersaudara ini merupakan anak dari pasangan Satmoko dan Retno Sriningsih Satmoko dimana keduanya merupakan Guru Besar di Universitas Negeri Semarang (Unnes).

Dia kemudian melanjutkan pendidikannya di Universitas Indonesia dan lulus dengan gelar Sarjana Ekonomi dan melanjutkan pendidikan S2 di University of Illinois Urbana Champaign, US.

Sebelumnya, bendahara negara ini merupakan pengamat ekonomi Indonesia. Dia menjabat sebagai Kepala Lembaga Penyelidikan Ekonomi dan Masyarakat Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia (LPEM FEUI) sejak 1998.

Pada 2004, ketika Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menjabat sebagai presiden RI,  Sri Mulyani dipercaya sebagai Menteri negara Perencanaan Pembangunan Nasional/Bappenas dari Kabinet Indonesia Bersatu.

Sri Mulyani  kemudian ditunjuk sebagai Menteri Keuangan, menggantikan Jusuf Anwar pada Desember 2005.

Kemudian pada 2008, Sri Mulyani menjabat sebagai Pelaksana Tugas (PLT) Menteri Koordinator Bidang Perekonomian usai Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Boediono dilantik sebagai Gubernur Bank Indonesia (BI).

Pada 2010, Sri Mulyani mengemban tugas sebagai Direktur Pelaksana Bank Dunia, sekaligus menjadi orang Indonesia pertama yang menjabat sebagai Direktur Pelaksana Bank Dunia.

Sejak Juli 2016, Sri Mulyani dipanggil oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk menggantikan Bambang Brodjonegoro sebagai Menteri Keuangan hingga saat ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

sri mulyani menteri keuangan
Editor : Anggara Pernando
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top