Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Wamen BUMN: Pelita Air Bakal Tambah 8 Pesawat Baru

Pelita Air Services (PAS) disebut bakal tambah 8 pesawat baru untuk bisa bersaing dengan maskapai lain.
Anitana Widya Puspa
Anitana Widya Puspa - Bisnis.com 24 Agustus 2022  |  20:39 WIB
Wamen BUMN: Pelita Air Bakal Tambah 8 Pesawat Baru
Pelita Air menggunakan pesawat A320. - Dok. Istimewa
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – PT Pelita Air Services (PAS) berencana menambah hingga sebanyak 8 pesawat hingga akhir tahun ini untuk mengatasi persoalan kekurangan kapasitas penumpang, khususnya untuk bisa bersaing dengan maskapai lain.

Wakil Menteri BUMN II Kartika Wirjoatmodjo menjelaskan PAS diarahkan untuk melayani penumpang di segmen medium dengan Garuda Indonesia (GIAA) tetap di segmen premium. Sementara anak usaha Garuda Indonesia, Citilink diarahkan menjadi maskapai bertarif hemat (low cost carrier/LCC) dengan harga yang sedikit berada di atas Lion Air.

“Pak Dendy [Dirut Pelita Air] mau menambah menjadi 8 pesawat. Pelita ini untuk menyaingi pasar Batik Air. Segmen yang dituju oleh Batik Air juga masih lebar,” ujarnya, Rabu (24/8/2022).

Tiko memaparkan saat ini jumlah pesawat di Indonesia mencapai 500 pesawat dan kini menyisakan 350 pesawat. Jumlah ini tidak sebanding dengan tingginya tingkat permintaan saat ini. Dari sisi pergerakan, Bandara Soekarno Hatta, khususnya sudah mencapai level 85 persen dari sebelum Covid-19.

“Dulu [sebelum pandemi] 80 juta sekarang udah 55 juta penumpang. Ini dalam waktu 6 bulan dari Maret. Kami juga lagi jaga jangan sampai nanti maskapai pada ambruk semua kayak 2018,” imbuhnya.

Sebelumnya, Pelita Air berencana menambah frekuensi penerbangan di rute domestik Jakarta-Bali (PP) hingga lima kali sehari mulai 9 September 2022. Adapun, untuk menunjang kinerjanya, Pelita Air juga akan mendatangkan pesawat ketiganya bertipe Airbus A320.

Direktur Utama Pelita Air Dendy Kurniawan mengatakan kedatangan pesawat ketiga ini untuk terus mengembangkan bisnis layanan penerbangan berjadwal atau regular flight setelah selama ini, PAS hanya melayani penerbangan charter.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Pelita Air pesawat maskapai penerbangan BUMN
Editor : Rio Sandy Pradana
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top