Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terungkap! Ini Penyebab Utang Luar Negeri Indonesia Turun

Bank Indonesia mengungkapkan penyebab utang luar negeri (ULN) Indonesia turun pada Mei 2022.
Karyawan melintas di dekat logo Bank Indonesia di Jakarta, Senin (3/2/2020).
Karyawan melintas di dekat logo Bank Indonesia di Jakarta, Senin (3/2/2020).

Bisnis.com, JAKARTA — Utang Luar Negeri (ULN) Indonesia tercatat mengalami penurunan pada periode Mei 2022. Bank Indonesia (BI) mencatat posisi ULN Indonesia pada Mei 2022 sebesar US$406,3 miliar, turun dari posisi bulan sebelumnya US$410,1 miliar.

Dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu, ULN pada Mei 2022 terkontraksi sebesar 2,6 persen (year-on-year/yoy), lebih dalam dibandingkan dengan kontraksi bulan sebelumnya sebesar 2,0 persen yoy.

Kepala Departemen Komunikasi BI Erwin Haryono menyampaikan bahwa posisi ULN pemerintah turun sebesar 7,5 persen (yoy) menjadi US$188,2 miliar. Dia mengatakan penyebab utang luar negeri Indonesia turun pada Mei 2022, antara lain jatuh tempo beberapa seri Surat Berharga Negara (SBN) serta keuarnya aliran modal asing dari pasar SBN.

“Tren penurunan ULN terjadi seiring beberapa seri Surat Berharga Negara (SBN) yang jatuh tempo di bulan Mei 2022 dan pengaruh sentimen global yang memicu pergeseran investasi portofolio di pasar SBN domestik oleh investor nonresiden,” katanya dalam siaran pers, Jumat (15/7/2022).

Erwin mengatakan posisi ULN Pemerintah ini relatif aman dan terkendali jika dilihat dari sisi refinancing risk jangka pendek, mengingat hampir seluruhnya merupakan ULN dalam jangka panjang dengan pangsa mencapai 99,8 persen dari total ULN Pemerintah.

Sejalan dengan itu, ULN swasta pada Mei 2022 tercatat terkontraksi sebesar 0,7 persen (yoy) menjadi sebesar US$209,4 miliar.

Penurunan tersebut kata Erwin dikontribusikan oleh ULN perusahaan bukan lembaga keuangan yang mengalami kontraksi sebesar 0,9 persen yoy, setelah pada bulan sebelumnya meningkat sebesar 0,8 persen (yoy).

“Perkembangan ini terutama berasal dari pembayaran pinjaman dan surat utang yang jatuh tempo,” jelas Erwin.

Dia menambahkan, posisi ULN Indonesia pada Mei 2022 tetap terkendali, tercermin dari rasio ULN Indonesia terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) yang tetap terjaga di kisaran 32,3 persen, menurun dibandingkan dengan rasio pada bulan sebelumnya sebesar 32,6 persen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper