Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jelang KTT G20, Luhut: Terminal VVIP Bandara Ngurah Rai Siap Digunakan September

Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan mendorong percepatan pembangunan Terminal VVIP Bandara Ngurah Rai, Bali jelang KTT G20 pada November 2022.
Pesawat udara berada di kawasan Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali, Jumat (8/3/2019)./ANTARA-Fikri Yusuf
Pesawat udara berada di kawasan Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali, Jumat (8/3/2019)./ANTARA-Fikri Yusuf

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan mendorong percepatan pembangunan Terminal VVIP Bandara Ngurah Rai, Bali agar rampung pada September 2022.

Hal itu disampaikan Luhut usai meninjau kesiapan dari Terminal VVIP Bandara Ngurah Rai yang telah direvitalisasi. Terminal ini nantinya akan digunakan sebagai tempat parkir pesawat dan tempat kedatangan para pejabat tinggi negara yang menjadi bagian dari Presidensi G20 Indonesia.

“Beberapa pembangunan sudah berjalan, yaitu terminal VVIP lounge, beautifikasi gedung VVIP eksisting, serta beautifikasi dan revitalisasi terminal bandara,” kata Luhut dikutip dari laman resmi Kemenko Marves, Senin (11/7/2022).

Menko Luhut mendorong Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) agar pembangunan ini terus dikerjakan cepat, sehingga paling tidak bulan September 2022, gedung VVIP sudah dapat digunakan.

“Kita coba kejar untuk seluruh pembangunan Terminal VVIP ini, karena hanya tinggal hitung waktu saja untuk para pejabat negara datang,” ujarnya.

Selain kesiapan infrastruktur, Luhut juga menyoroti persiapan di bidang kesehatan, infrastruktur dan logistik, protokoler dan keamanan, dan penanganan atau pengelolaan sampah.

Dia berpesan agar seluruh kesiapan untuk Presidensi G20 Indonesia November mendatang, disiapkan dengan sebaik mungkin dan koordinasi serta kerja sama antar lembaga ditingkatkan.

“Saya minta kerja sama kita semua untuk mengurus acara ini. Saya minta kesiapan G20 selesai Oktober di minggu ke-3 atau ke-4. Semua unsur harus terlibat dan saling kerja sama,” tegasnya.

Kesiapan infrastruktur dan logistik selain untuk Terminal VVIP Bandara Ngurah Rai juga telah disiapkan di berbagai tempat. Beberapa di antaranya, yaitu mengenai akomodasi transportasi bagi delegasi, kemudian dalam hal komunikasi, jalan raya, jaringan listrik hingga Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU), dan mengenai kesiapan Garuda Wisnu Kencana (GWK).

Tidak lupa Menko Luhut mengingatkan soal tata kelola sampah di beberapa Tempat Pengelolaan Sampah Terpadu Reduce, Reuse, Recycle ( TPST 3R), agar semua sampahnya bisa diproses baik dan juga dibersihkan.

“Ini juga jadi salah satu komponen kesiapan kita untuk Presidensi G20 Indonesia. Seluruh TPST 3R di Bali yang dikerjakan oleh PUPR dan juga Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) bisa menyelesaikan manajemen pengelolaan sampah ini sebelum November,” ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper