Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Menhub Ungkap Rencana Pelabuhan Ciwandan Jadi Alternatif Merak, Apa Kata Pelindo dan ASDP?

Berkaca pada penanganan penyeberangan selama Idulfitri 2022, pemerintah berencana mengandalkan Pelabuhan Ciwandan, Banten yang berada di bawah Pelindo untuk operasional angkutan masa liburan membantu Pelabuhan Merak–Pelabuhan Bakauheni.
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengikuti Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan komisi V DPR, di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (3/2/2021). ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengikuti Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan komisi V DPR, di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (3/2/2021). ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja

Bisnis.com, JAKARTA- Pemerintah mengungkap rencana menjadikan pelabuhan Ciwandan, Banten, sebagai alternatif dari Pelabuhan Merak saat periode hari libur panjang seperti mudik Idulfitri.

Rencana tersebut merupakan salah satu hasil evaluasi pelaksanaan mudik Idulfitri atau Lebaran 2022 yang lalu. Kemacetan yang terjadi sebab lonjakan penumpang pada penyeberangan Jawa-Sumatra melalui Merak-Bakauheni mendorong rencana penggunaan dermaga alternatif ke depannya.

Sebagai operator pelabuhan, PT Pelindo (Persero) menyatakan akan mendukung kebijakan pemerintah yang berperan sebagai regulator. Untuk diketahui, saat ini pengoperasian Pelabuhan Ciwandan berada di bawah PT Pelindo.

Pada mudik Idulfitri 2022, pelabuhan Ciwandan sudah sempat digunakan untuk operasional angkutan Lebaran guna membantu operasional penyeberangan Pelabuhan Merak–Pelabuhan Bakauheni.

“Pelindo akan mendukung kebijakan regulator. Sebagai operator, Pelindo akan mendukung kebijakan Kementerian Perhubungan untuk meningkatkan layanan kepada masyarakat,” terang Corporate Secretary PT Pelindo Ali Mulyono kepada Bisnis, Jumat (24/6/2022).

Adapun, rencana penggunaan Ciwandan menjadi pelabuhan alternatif disampaikan oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi pada Rapat Kerja dan Dengar Pendapat bersama Komisi V DPR, Senin (20/6/2022).

Pada saat itu, Budi Karya mengungkap bahwa pengoperasian Pelabuhan Ciwandan akan dialihkan ke PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) guna mendukung angkutan perjalanan mudik Merak--Bakauheni dengan moda penyeberangan.

"Berkaitan dengan Merak-Bakauheni, sudah kita putuskan dan sudah mulai dilaksanakan Pelabuhan Cindawan akan menjadi [pelabuhan] tambahan dan akan di-manage oleh ASDP walaupun itu dari Pelindo. Settlement itu sudah terjadi," kata Budi Karya, Senin (20/6/2022).

Direktur Utama PT ASDP Ira Puspadewi pun mengatakan arahan Menteri Perhubungan saat ini sedang dibicarakan oleh PT ASDP dan PT Pelindo. Kedua BUMN, lanjutnya, diarahkan oleh pemerintah untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

"Atas arahan Menhub ASDP dan Pelindo sedang pada tahap mulai membicarakan skema terbaiknya. Pada prinsipnya Menhub mengarahkan agar ASDP dan Pelindo mengedepankan pelayanan yang meningkat bagi masyarakat," jelasnya kepada Bisnis.

Ke depan, pemerintah akan meningkatkan layanan pada moda penyeberangan seiring dengan pembatasan mobilitas pascapandemi yang semakin longgar, serta semakin meningkatkan konektivitas di Sumatera melalui Tol Trans Sumatera.

Beberapa perbaikan yang akan dilakukan untuk moda penyeberangan yakni penggunaan pelabuhan alternatif seperti Ciwandan, Panjang, dan Bandar Bakau Jaya (BBJ); pembuatan dermaga khusus angkutan barang yang terpisah dari angkutan penumpang; penambahan rest area di ruas jalan menuju Pelabuhan Merak (km 88); pelebaran jalan sekitar 1,5 m menuju Merak setelah tol; serta penambahan kapasitas dermaga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dany Saputra
Editor : Kahfi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper