Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Hutama Karya Bidik Proyek Jalan Tol IKN

Hutama Karya sangat mendukung pembangunan dan tertarik untuk ikut serta dalam proyek pembangunan IKN di Kalimantan Timur.
Muhammad Ridwan
Muhammad Ridwan - Bisnis.com 24 Juni 2022  |  19:30 WIB
Hutama Karya Bidik Proyek Jalan Tol IKN
Karyawan berada didekat logo Hutama Karya. Bisnis - Arief Hermawan P

Bisnis.com, JAKARTA - PT Hutama Karya (Persero) menyatakan kesiapannya untuk menggarap jalan tol di Ibu Kota Nusantara apabila pemerintah membuka peluang kerja sama dalam proses pembangunannya.

EVP Sekretaris Perusahaan Hutama Karya Tjahjo Purnomo mengatakan pihaknya sangat mendukung pembangunan dan tertarik untuk ikut serta dalam proyek pembangunan IKN di Kalimantan Timur. Dia menuturkan pihaknya proyek pemindahan beserta pembangunannya dapat berlangsung baik sesuai dengan rencana yang telah ditargetkan.

Dia menambahkan bahwa pihaknya telah mempersiapkan untuk dapat mengikuti proses lelang proyek di IKN dan akan berupaya dengan optimal sesuai dengan utilisasi, kapasitas, dan kapabilitas perseroan.

"Selain itu, kami menargetkan proyek-proyek dari sektor infrastruktur jalan tol, jembatan, gedung hingga manufaktur dan pembangkit energi di IKN, serta siap untuk menggarap dan mengembangkan proyek infrastruktur di sana [IKN]," ujarnya kepada Bisnis, Jumat (24/6/2022).

Sebelumnya, Ketua Satuan Tugas (Satgas) Pelaksana Pembangunan Infrastruktur IKN Danis H. Sumadilaga mengatakan pihaknya akan membangunan ruas jalan tol yang akan menjadi akses ke titik 0 IKN dan ruas jalan tol yang menuju Pulau Balang pada Agustus tahun ini.

Dia mengungkapkan bahwa sesuai dengan prinsip pembangunan IKN, maka seluruh proses pembangunan sangat diharapkan untuk menimalkan penggunaan anggaran APBN. Untuk itu, pemerintah akan membuka peluang yang besar kepada badan usaha untuk berpartisipasi.

"Nantinya kita akan kembali kepada prinsip kita mulai dulu, kalau ada inisiator kita bisa KPBU, itu [anggaran pemerintah] bisa dihitung yang ada menjadi kontribusi pemerintah tinggal dihitung. Sangat mungkin," ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jalan tol hutama karya Ibu Kota Baru ibu kota negara
Editor : Hadijah Alaydrus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top