Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sederet Infrastruktur Ini Disiapkan untuk Menyambut KTT G20, Apa Saja?

Kementerian PUPR tengah berupaya merampungkan pembangunan sejumlah infrastruktur pendukung menjelang KTT G20 di Bali.
Logo Presidensi G20 Indonesia/Kemenlu RI
Logo Presidensi G20 Indonesia/Kemenlu RI

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memiliki sederet pekerjaan rumah untuk menyelesaikan infrastruktur pendukung guna menyukseskan gelaran Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali pada Oktober mendatang.

Berdasarkan catatan Bisnis, Kementerian PUPR tengah merampungkan infrastruktur pendukung seperti penataan Kawasan Parkir Kepala Negara, penataan Jalan Simpang Siligita-Kempinski Showcase Mangrove, dan penataan Kawasan Mangrove Tahura Ngurah Rai.

Adapun, lingkup pekerjaan penataan Kawasan Mangrove Tahura Ngurah Rai antara lain pembangunan gerbang masuk, monumen G20, area plaza, beji, wantilan, jalur tracking mangrove, area persemaian, area penerima, menara pandang, viewing deck ke arah Teluk Benoa, dan area parkir di sekitar Waduk Muara.

Sementara itu, penataan Kawasan Parkir Kepala Negara dilakukan di atas lahan seluas 2,6 hektare yang juga berada tidak jauh dari Kawasan Mangrove Tahura Ngurah Rai. Lingkup kegiatannya berupa pembangunan Gate Candi Bentar, penataan Pura, Pos Jaga Security, Gazebo Bale Bengong, pakir limousine dengan kapasitas 256 unit, fasilitas publik, ruang panel, kantin, water tank, dan parkir kendaraan emergency.

Dukungan infrastruktur juga dilakukan dengan melakukan preservasi jalan dan jembatan sebanyak 9 ruas yang terbagi dalam 2 paket pekerjaan. Paket I terdiri atas preservasi jalan dan jembatan 7 ruas dengan total panjang 22 kilometer (KM). Tujuh ruas tersebut yakni Sp Pesanggaran-Gerbang Benoa, Sp Kuta-Sp Pesanggaran, Sp Kuta-Tugu Ngurah Rai, Sp Lapangan Terbang–Tugu Ngurah Rai, Tugu Ngurah Rai–Nusa Dua, Sp Pesanggaran–Sp.Sanur, dan Jimbaran–Uluwatu (GWK), dan Sp Pesanggaran-Sp Sanur (Sarangan).

Untuk paket II adalah peningkatan jalan Sp Siligita-Kempinski dan showcase mangrove sepanjang 6,5 km. Untuk meningkatkan kualitas dan estetika, pekerjaan preservasi jalan dan jembatan disertai dengan beautifikasi atau penghijauan.

Tidak hanya itu, untuk menyambut tamu-tamu penting dari negara lain, kesiapan infrastruktur di Bandar Udara I Gustri Ngurah Rai pun tak luput dari daftar infrastruktur yang disiapkan. Kementerian PUPR bahkan membangun Terminal VVIP yang akan digunakan para peserta G20.

Pembangunan terminal VVIP Bandara I Gusti Ngurah Rai dilakukan di atas lahan PT Angkasa Pura I dan telah dilakukan mulai 14 Maret 2022 dengan target selesai pada akhir Agustus 2022. Pembangunan terminal VVIP ini dilaksanakan oleh kontraktor PT Wijaya Karya dan konsultan supervisi PT Virama Karya dengan anggaran Rp51 miliar.

Ruang lingkup pekerjaan terdiri atas bangunan VVIP, bangunan pos jaga, bangunan ground water tank dan ruang pompa, pagar keliling dan gerbang, penataan lansekap, area drop off, area drop on, serta relokasi instalasi Mekanikal Elektrikal Plumbing (MEP).

“Bali yang akan menjadi pusat lokasi penyelenggaraan KTT G20 dengan tema Recover Together, Recover Stronger, akan dibuat lebih ramah lingkungan melalui kegiatan pembenahan infrastruktur kawasan yang didukung dengan penghijauan yang masif,” kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dalam keterangan resmi, Senin (30/5/2022). 

Menteri PUPR menyatakan progres fisik terminal VVIP Bandara I Gusti Ngurah Rai saat ini mencapai 21,94 persen.

Selain pembangunan terminal VVIP yang baru, Kementerian PUPR melalui Balai Prasarana Permukiman Wilayah Bali Ditjen Cipta Karya akan melakukan revitalisasi terminal VIP eksisting beserta bangunan penunjangnya. Di samping itu juga akan dilakukan pembangunan bangunan ekspedisi muatan pesawat udara (EMPU) untuk mendukung kegiatan KTT G20.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Muhammad Ridwan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper