Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tanggul Tanjung Emas Jebol, Aktivitas Pelayaran Disetop Sementara

Pada Senin (23/5/2022), pukul 14.00 hingga 16.00 WIB tanggul penahan air laut di Kawasan Lamicitra Pelabuhan Tanjung Emas Semarang jebol sehingga aktivitas pelayaran dihentikan sementara.
Banjir rob merendam kawasan Tanjung Emas Semarang. - Bisnis/Alif Nazzala R.
Banjir rob merendam kawasan Tanjung Emas Semarang. - Bisnis/Alif Nazzala R.

Bisnis.com, JAKARTA – Aktivitas pelayaran di Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang dihentikan sementara imbas jebolnya tanggul penahan air laut yang mengakibatkan banjir di Kawasan Pelabuhan Tanjung Emas Semarang.

Kepala KSOP Kelas I Tanjung Emas, M. Tohir menjelaskan bahwa pada Senin (23/5/2022), pukul 14.00 hingga 16.00 WIB tanggul penahan air laut di Kawasan Lamicitra Pelabuhan Tanjung Emas Semarang jebol yang mengakibatkan aktivitas pelayaran di pelabuhan tersebut dihentikan sementara.

"Dengan jebolnya penahan air laut seluruh aktivitas dipulangkan dari instansi maupun perusahaan, untuk mengantisipasi dampak banjir air laut yang masuk di kawasan pelabuhan Tanjung Emas Semarang," ujarnya melalui keterangan resmi, Selasa (24/5/2022).

Tohir menjelaskan penyebab tanggul jebol adalah rob yang besar sehingga tanggul penahan air laut di kawasan Lamicitra tidak mampu menahan air laut yang cukup besar. Dia memaparkan hampir 75 persen wilayah Pelabuhan Tanjung Emas terendam air laut.

Titik lokasi tersebut mulai Jalan Yos Sudarso (depan KSOP Tanjung Emas), Dermaga Pelabuhan Rakyat, Dermaga Nusantara, Jalan Coaster, Jalan Deli dan Kawasan Lamicitra. 

Banjir juga mengakibatkan akses masuk Pelabuhan Tanjung Emas terjadi kemacetan yang parah. Kegiatan kepelabuhanan untuk sementara dihentikan. Termasuk kegiatan Kapal Penumpang dan bongkar muat Petikemas di Dermaga TPKS.

Di dermaga terminal penumpang yang tak luput dari banjir, sementara penumpang tujuan Pelabuhan Kumai dengan KM Dharma Rucitra 9, diarahkan menuju lantai 2. Untuk kegiatan di TPKS juga dihentikan karena beberapa panel listrik dari PLN terendam banjir. Saat ini dua kapal kontainer yang sandar di dermaga TPKS tidak melakukan kegiatan.

"Peringatan banjir rob dan gelombang tinggi ini telah dikeluarkan oleh BMKG Maritim Semarang. Peringatan berlaku untuk tanggal 23 dan 24 Mei. Kami terus berkoordinasi dengan stakeholder di Pelabuhan Tanjung Emas agar kegiatan bongkar muat terus berjalan dengan memperhatikan situasi dari banjir rob ini," tutupnya.

Sebagai informasi, mengutip laporan BPBD pukul 05.30 WIB, banjir rob masih menggenangi Pelabuhan Tanjung Emas Semarang tetapi tidak separah kemarin.

Penyedotan air pompa sudah dilakukan sejak kemarin. Pagi ini BPBD membuka dapur umum salah satunya di Jalan Brotojoyo.

Sejumlah titik lokasi banjir air laut sebagai berikut:

1.  Depan Pos 1

2 . Depan Polsek KPTE

3. JL.Coaster

4. Jl. Deli

5. Dermaga Nusantara

6. Terminal Pelabuhan Tg Emas Semarang.

7. Kawasan Lamicitra

8. Dok Koja Bahari

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper