Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Astra Tol Tangerang-Merak Kembali Berlakukan Contraflow, Ini Alasannya

Astra Tol Tangerang-Merak kembali memberlakukan contraflow mulai 17 Mei - 30 Juni 2022.
Nyoman Ary Wahyudi
Nyoman Ary Wahyudi - Bisnis.com 19 Mei 2022  |  10:33 WIB
Astra Tol Tangerang-Merak Kembali Berlakukan Contraflow, Ini Alasannya
Kendaraan melintas di ruas tol Tangerang-Merak di Kabupaten Tangerang, Banten, Kamis (2/12/2021). Pemerintah akan menerapkan sistem ganjil genap di ruas jalan tol Tangerang-Merak, Bogor-Ciawi Cigombong, Cikampek-Palimanan-Kanci, Cikampek-Padalarang-Cileunyi mulai 20 Desember 2021 hingga 2 Januari 2022 untuk mencegah lonjakan mobilitas masyarakat melalui jalur darat pada periode Natal dan Tahun Baru 2022. - Antara

Bisnis.com, JAKARTA — Astra Tol Tangerang-Merak kembali memberlakukan contraflow mulai 17 Mei - 30 Juni 2022 untuk mempercepat proses pengerjaan pelebaran jembatan Ciujung.

Adapun, perkembangan pengerjaan jembatan Ciujung telah mencapai 94,92 persen, pemberlakuan contraflow kali ini adalah untuk melanjutkan pekerjaan rekontruksi jembatan eksisting arah Merak dengan lingkup penggantian dudukan jembatan dan penyambungan jembatan beton baru dengan jembatan beton lama sampai dengan pengaspalan lantai jembatan serta pergantian expansion joint.

“Setelah pekerjaan telah selesai, pengujian kekuatan jembatan akan dilakukan untuk memastikan bahwa jembatan memenuhi standar yang berlaku,” kata Kepala Departemen Manajemen Pemeliharaan dan Proyek Astra Tol Tangerang-Merak Slamet Adriadi melalui siaran pers, Kamis (19/5/2022).

Skema contraflow yang akan dilakukan adalah dengan menutup dua lajur pada jembatan beton lama arah merak dan mengalihkan kendaraan satu lajur ke jalur arah Jakarta dan satu lajur pada jembatan baru arah Merak.

Adapun, untuk kendaraan yang hendak menuju Jakarta disiapkan dua lajur di sisi jembatan arah Jakarta dan contraflow akan dilakukan sepanjang kurang lebih 60­­­­0 meter dari KM 56+700 sampai dengan KM 57+300.

“Kami bersama kepolisian juga telah berkoordinasi untuk mengantisipasi kemungkinan terjadi antrean panjang karena kondisi darurat, dengan menginformasikan rute-rute alternatif yang dapat dilalui,” kata Slamet.

Seperti diberitakan sebelumnya, PT Marga Mandalasakti (Astra Tol Tangerang-Merak) melakukan pelebaran Jembatan Ciujung yang berada di Kilometer 57 Jalan Tol Tangerang-Merak.

Direktur teknik dan Operasi Astra Tol Tangerang-Merak Rinaldi mengatakan pihaknya telah memulai pekerjaan tersebut sejak 12 Januari 2021. Pelebaran jembatan ini juga merupakan bagian dari proyek penambahan Lajur Ke-3 segmen Cikande sampai Serang Timur tahap pertama yang dimulai dari Kilometer 56+700 sampai Kilometer 57+150.

“Rencananya pelebaran lajur 3 ini akan terus berlanjut hingga Serang Timur, dan nantinya akan berlanjut hingga Cilegon Timur yang ditargetkan akan dilakukan hingga 2034,” katanya dalam keterangan resmi, Selasa (9/3/2021).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jalan tol astra contraflow tol tangerang merak
Editor : Fitri Sartina Dewi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top