Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ini Penyebab Penjualan Eceran April 2022 Terkontraksi

Bank Indonesia mencatatkan penjualan eceran pada April 2022 diperkirakan mengalami kontraksi 0,5 persen (year-on-year/yoy).
Karyawan keluar dari pintu salah satu gedung Bank Indonesia di Jakarta, Senin, (20/1/2020).  Bisnis/Abdullah Azzam
Karyawan keluar dari pintu salah satu gedung Bank Indonesia di Jakarta, Senin, (20/1/2020). Bisnis/Abdullah Azzam

Bisnis.com, JAKARTA — Bank Indonesia (BI) memperkirakan kinerja penjualan eceran pada April 2022 akan mengalami peningkatan secara bulanan, namun turun jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu.

Hal ini tercermin dari Indeks Penjualan Riil (IPR) April 2022 yang tercatat sebesar 219,3, atau secara bulanan tumbuh 6,8 persen (month-to-month/mtm).

Sementara dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu, penjualan eceran pada April 2022 diperkirakan mengalami kontraksi 0,5 persen (year-on-year/yoy).

Secara bulanan, peningkatan terjadi pada sebagian besar kelompok, terutama kelompok peralatan informasi dan komunikasi, makanan, minuman dan tembakau, serta subkelompok sandang.

“Responden menginformasikan peningkatan didorong oleh peningkatan aktivitas ekonomi masyarakat pada bulan Ramadan dan menjelang HBKN Idulfitri,” tulis BI dalam Laporan Survei Penjualan Eceran, Kamis (12/5/2022).

Secara tahunan, perlambatan penjualan tercatat terjadi pada kelompok makanan, minuman dan tembakau, bahan bakar kendaraan bermotor, dan suku cadang dan aksesori serta kontraksi penjualan kelompok barang Lainnya.

Adapun, IPR pada Maret 2022 tercatat sebesar 205,3, tumbuh 2,6 persen secara bulanan (month-to-month/mtm), lebih tinggi dari pertumbuhan bulan sebelumnya yang terkontraksi sebesar -4,5 persen mtm.

Penjualan eceran pada hampir seluruh kelompok tercatat meningkat pada periode tersebut, terutama kelompok suku cadang dan aksesori, perlengkapan rumah tangga lainnya serta subkelompok sandang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Maria Elena
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper