Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Arus Balik, KAI: Tiket Kereta Api untuk 9-13 Mei Masih Banyak Tersedia

PT Kereta Api Indonesia (Persero) menyampaikan bahwa tiket kereta api sampai dengan H+10 Lebaran 2022 masih banyak tersedia.
Ilustrasi-Petugas melakukan perawatan lokomotif di Dipo Lokomotif di kawasan Stasiun Kereta Api (KA) Madiun, Jawa Timur/Antara-Siswowidodo.rn
Ilustrasi-Petugas melakukan perawatan lokomotif di Dipo Lokomotif di kawasan Stasiun Kereta Api (KA) Madiun, Jawa Timur/Antara-Siswowidodo.rn

Bisnis.com, JAKARTA - Tiket kereta api jarak jauh untuk keberangkatan Senin (9/5/2022) sampai dengan Jumat (13/5/2022) masih tersedia. PT Kereta Api Indonesia (Persero) menyampaikan bahwa tiket kereta api sampai dengan H+10 Lebaran 2022 masih banyak tersedia.

Masyarakat sangat antusias dalam menggunakan moda transportasi kereta api pada Angkutan Lebaran tahun ini. PT Kereta Api Indonesia (Persero) mencatat bahwa pada Lebaran hari pertama dan kedua, peminatnya masih tinggi.

Adapun, tempat duduk kereta api jarak jauh masih cukup banyak tersedia dengan rata-rata pelanggan yaitu 49.794 pelanggan per hari dengan rata-rata okupansi harian yaitu 41 persen, pada periode 9-13 Mei.

Sementara itu, tingkat keterisian atau okupansi kereta api jarak jauh tercatat cukup tinggi setelah Lebaran. Pada periode 4-8 Mei, rata-rata volume harian mencapai 120.529 pelanggan dengan rata-rata okupansi harian mencapai 99 persen.

Untuk itu, KAI mengajak masyarakat untuk bepergian menggunakan kereta api pada momen setelah Lebaran. KAI masih akan menetapkan masa Angkutan Lebaran sampai dengan Jumat (13/5/2022) mendatang.

"Jumlah tempat duduk kereta api masih cukup banyak, sehingga masyarakat dapat segera memesannya untuk bepergian selagi cuti bersama dari pemerintah masih berlangsung," kata VP Public Relations KAI Joni Martinus, dikutip dari siaran pers, Rabu (4/5/2022).

Adapun, volume penumpang KA jarak jauh mencapai 103.414 pelanggan pada Senin (2/5/2022) atau Lebaran. Pada saat itu, tingkat okupansi mencapai 85 persen dari total tempat duduk yang disediakan.

Lalu, volume KA jarak jauh mencapai 146.322 pelanggan dengan okupansi 120 persen pada hari kedua Lebaran, Selasa (3/5/2022), karena adanya penumpang dinamis.

Banyaknya pelanggan pada hari pertama dan kedua Lebaran dipengaruhi oleh berbagai motif seperti terdapat para pelanggan yang ingin bepergian setelah salat Idulfitri di Jakarta, pelanggan yang memilih bepergian pada tanggal-tanggal alternatif, serta pelanggan yang baru berkesempatan untuk mudik.

Adapun, sampai dengan hari ini Rabu (4/5/2022), KAI telah menjual 2,05 tiket KA jarak jauh atau 78 persen dari total tiket yang disediakan.

Lalu, KAI juga telah melayani 1,2 juta pelanggan atau rata-rata 100.019 pelanggan per hari dengan rata-rata okupansi sebesar 84 persen, sejak H-10 Lebaran sampai dengan H+2 kemarin.

Tanggal yang menjadi favorit masyarakat setelah Lebaran adalah keberangkatan 4 dan 5 Mei, atau H+1 dan H+2 Lebaran dengan rute favorit Jakarta--Bandung pp, Jakarta--Semarang pp, Jakarta--Surabaya pp, Jakarta--Yogyakarta, dan Bandung-Surabaya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper