Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

OK OCE Gandeng Trisakti Latih Pemasaran Digital Pelaku UMKM

Kemampuan 'digital marketing' wajib dimiliki setiap pelaku UMKM. Karena teknologi selalu berkembang.
MG Noviarizal Fernandez
MG Noviarizal Fernandez - Bisnis.com 30 April 2022  |  11:49 WIB
ok oce
ok oce

Bisnis.com, JAKARTA - Jurusan Teknik Informatika Universitas Trisakti berkolaborasi dengan Tim One Kecamatan, One Centre Entrepreneurship alias OK OCE menggelar pelatihan pemasaran digital bagi pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

Peneliti Jurusan Teknik Informatika Universitas Trisakti Laser Narindro menerangkan bahwa dalam pengembangan ekonomi sektor ril dibutuhkan upaya untuk pembinaan kepada para pelaku UMKM dalam menjalankan unit usahanya, termasuk keahlian dalam pemasaran digital.

"Kemampuan digital marketing ini wajib dimiliki setiap pelaku UMKM. Karena teknologi selalu berkembang," katanya, seperti dikutip Sabtu (30/4).

Pembinaan tersebut ditujukan untuk memberikan bekal pengetahuan dan keterampilan kepada para pelaku UMKM dalam menjalani dan mengembangkan unit usahanya.

Ia menjelaskan pelatihan itu berupa keterampilan penggunaan aplikasi website www.okoce.net melalui program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM).

Pelatihan keterampilan penggunaan aplikasi www.okoce.net tersebut telah digelar pada tanggal 25-27 April 2022 secara daring. Tujuannya, supaya para pelaku UMKM dapat memiliki keterampilan dalam membuat portofolio unit usahanya dan melakukan pendataan melalui aplikasi website untuk upaya pendampingan dan pembinaan.

Rully Mardjono selaku Pengajar Sistem Informatika Universitas Trisakti menambahkan kegiatan pelatihan tersebut merupakan bagian dari program PKM yang bertujuan meningkatkan kualitas SDM melalui pengembangan keilmuan dan keterampilan tentang penggunaan aplikasi di website www.okoce.net.

Selain itu, kata dia, dengan adanya pelatihan penggunaan aplikasi tersebut dapat membantu anggota OK OCE dalam menggunakan platform kewirausahaan yang dapat mendorong ekosistem kewirausahaan dan untuk mendapatkan informasi tentang hasil dari analisis untuk dampak dari pelatihan yang telah dilakukan.

Tujuan selanjutnya, yakni pemenuhan capaian standar kurikulum pelatihan yang diberikan kepada para pelaku usaha UMKM dari tim OK OCE.

Sementara itu, Ketua Umum OK OCE Indonesia Iim Rusyamsi mengatakan saat ini terdapat anggota sebanyak 404.556 anggota di bawah naungan OK OCE, dan 102.934 anggota di antaranya sudah memiliki badan usaha.

OK OCE memiliki standarisasi kurikukum yang dinamakan 7 Tahap OK OCE Prima, 7 TOP, yakni pendaftaran, pelatihan, pendampingan, perizinan, pemasaran, pelaporan keuangan, dan akses permodalan. Iim Rusyamsi  berharap dengan adanya PKM Usakti dan OK OCE Indonesia, dapat meningkatkan literasi digital bagi anggota OK OCE di Indonesia.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

OK OCE
Editor : Puput Ady Sukarno

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode Bisnis Indonesia Logo Epaper
To top