Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Terkuak! Ini Alasan Sandiaga Uno Mundur dari OK OCE

Keputusan mundur dari OK OCE diambil Sandiaga jauh sebelum resmi dilantik Presiden Republik Indonesia Joko Widodo sebagai Menparekraf.
Feni Freycinetia Fitriani
Feni Freycinetia Fitriani - Bisnis.com 29 Desember 2020  |  16:10 WIB
Pengusaha Sandiaga Uno memberikan pemaparan saat acara Edukasi Industri Jasa Keuangan bertema Mengenal dan Waspada Investasi Ilegal di Jakarta, Senin (9/3/2020). Bisnis - Eusebio Chrysnamurti
Pengusaha Sandiaga Uno memberikan pemaparan saat acara Edukasi Industri Jasa Keuangan bertema Mengenal dan Waspada Investasi Ilegal di Jakarta, Senin (9/3/2020). Bisnis - Eusebio Chrysnamurti

Bisnis.com, Jakarta - Sandiaga Salahuddin Uno resmi mundur dalam gerakan kewirausahaan yang dirintisnya, OK OCE.

Keputusan itu diambil setelah Sandiaga resmi dilantik Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia.

Kabar tersebut dibenarkan Ketua Umum OK OCE Indonesia, Iim Rusyamsi. Mundurnya Sandiaga dalam kepengurusan OK OCE Indonesia diungkapkan Iim Rusyamsi sudah terjadi sejak lama tepatnya saat Pilkada DKI 2017.

Ketika itu, Sandiaga yang mendampingi Anies Rasyid Baswedan terpilih sebagai Gubernur dan Wakil gubernur DKI Jakarta periode 2017-2022. Bersamaan dengan hal itu, katanya, Sandi pun mengundurkan diri sebagai Ketua Dewan Pembina Perkumpulan Gerakan OK OCE. 

"Pengunduran diri Sandiaga sebelum dilantik menjadi Wakil Gubernur DKI Jakarta pada 2017. Tujuannya untuk menjaga kepatuhan dan konflik kepentingan, sehingga dia bisa fokus kepada tugasnya sebagai pejabat publik," ungkap Iim Rusyamsi dalam siaran pers, Selasa (29/12/2020).

Tidak hanya Sandiaga, sang kakak Indra Uno yang turut serta sebagai pendiri OK OCE juga mengundurkan diri dari struktur organisasi pada periode yang sama.

Indra Uno, kata Iim, mengundurkan diri sebagai Ketua Umum Perkumpulan Gerakan OK OCE. Iim menegaskan baik Indra maupun Sandiaga sudah tidak ada dalam struktur organisasi OK OCE.

"Dan sekarang sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, dia [Sandiaga] juga sudah tidak ada di dalam struktur organisasi sehingga akan berfokus sebagai menteri," jelasnya.

Walau begitu, Iim Rusyamsi menegaskan Sandiaga tidak akan meninggalkan OK OCE yang dirintisnya sejak 2017. Pasalnya, Sandiaga merupakan pendiri OK OCE Indonesia dan selalu mendorong para pelaku usaha mikro, kecil dan menengah untuk terus bergerak dalam penciptaan lapangan kerja berbasis kewirausahaan.

Menurut Iim, OK OCE sebagai gerakan sosial telah terbukti menjadi solusi atas beragam permasalahan sosial masyarakat, khususnya maslah penganguran.

"Sebagai Menteri, dia akan berfokus kepada tugasnya hanya memajukan visi Presiden Republik Indonesia. Sandi akan fokus kepada amanah dan arahan dari presiden dengan mengedepankan pilar inovasi, kolaborasi dan adaptasi," jelas Iim Rusyamsi. 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kemenparekraf sandiaga uno OK OCE
Editor : Feni Freycinetia Fitriani
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top