Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Geliat Mudik Mulai Terjadi di Stasiun Gambir dan Pasar Senen

33 Kereta Api jarak jauh mulai dioperasikan pada hari ini, Sabtu 23 April 2022. Dari jumlah tersebut, diantaranya merupakan KA tambahan.
Szalma Fatimarahma
Szalma Fatimarahma - Bisnis.com 23 April 2022  |  13:36 WIB
Sejumlah penumpang dengan mengenakan masker di dalam gerbong kereta api luar biasa relasi Gambir-Surabaya Pasar Turi lintas selatan di Stasiun Gambir, Jakarta. - Antara
Sejumlah penumpang dengan mengenakan masker di dalam gerbong kereta api luar biasa relasi Gambir-Surabaya Pasar Turi lintas selatan di Stasiun Gambir, Jakarta. - Antara

Bisnis.com, JAKARTA – Stasiun Gambir, Jakarta Pusat akan memberangkatkan 33 Kereta Api Jarak Jauh pada Sabtu 23 April 2022. Dari jumlah tersebut, 7 diantaranya merupakan KA tambahan.

Kepala Humas DAOP 1 PT Kereta Api Indonesia (KAI), Eva Chairunisa menyampaikan bahwa volume penumpang pada hari ini mencapai angka 6.000 penumpang atau 39 persen dari total tempat duduk yang telah disediakan, yaitu sebanyak 15.500 kursi.

Sementara itu, untuk Stasiun Pasar Senen, Eva menambahkan bahwa terdapat 26 KA yang beroperasi pada hari ini dengan volume penumpang sebanyak 11.500 atau 60 persen dari total tempat duduk yang tersedia, yaitu sebanyak 19.100 kursi.

Tingginya antusias masyrakat dalam melakukan perjalanan dalam rangka menyambut hari raya Idul Fitri, mengharuskan PT KAI untuk mengoperasikan sejumlah kereta tambahan. PT KAI diketahui telah menambah sebanyak 92 perjalanan kereta api, atau rata-rata 6 perjalanan setiap harinya. KA tambahan akan mulai beroperasi pada 24 April-10 Mei 2022.

Dengan kapasitas sebanyak 58.940 tempat duduk atau rata-rata 3.467 tempat duduk per harinya, KA tambahan tersebut akan menjangkau beberapa relasi tujuan, seperti Solo, Semarang, dan Purwosari. Secara total, PT KAI akan memberangkatkan 4.454 perjalanan KA jarak jauh dengan kapasitas tempat duduk mencapai 2.484.806 (2,48 juta) kursi selama masa angkutan lebaran 2022.

PT KAI telah menetapkan masa angkutan lebaran untuk perjalanan KA pada 22 April- 3 Mei 2022. Selaku Kepala Humas PT KAI DAOP 1, Eva menyebutkan bahwa berdasarkan data yang dimilikinya, tanggal keberangkatan yang paling banyak dipilih pemudik yaitu pada 27-30 April 2022, dengan relasi mayoritas tujuan Yogyakarta, Kutoarjo, Purwokerto, Semarang, Surabaya, Cirebon, Kebumen, dan Bandung. Eva juga menambahkan bahwa arus balik akan terjadi pada 6-9 Mei 2022. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pt kai Mudik Lebaran stasiun gambir
Editor : Andhika Anggoro Wening

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top