Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pelebaran Selesai, Tol Jakarta-Cikampek Dioperasikan Fungsional Saat Mudik Lebaran

Jalan Tol Jakarta-Cikampek dioperasikan fungsional saat mudik Lebaran karena proses pelebaran sudah selesai.
Muhammad Ridwan
Muhammad Ridwan - Bisnis.com 22 April 2022  |  16:13 WIB
Pelebaran Selesai, Tol Jakarta-Cikampek Dioperasikan Fungsional Saat Mudik Lebaran
Suasana lalu lintas di jalan tol Jakarta-Cikampek selama kebijakan peniadaan mudik Lebaran di Cikarang Barat, Kamis (13/5/2021). - Antara\r\n

Bisnis.com, JAKARTA - Sesuai dengan arahan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, PT Jasa Marga (Persero) telah menyelesaikan proyek pelebaran lajur di Jalan Tol Jakarta-Cikampek di kilometer 62 Dawuan sampai dengan kilometer 50 Karawang Timur arah Jakarta pada H-10 Lebaran.

Marketing & Communication Department Head Jasa Marga Transjawa Tollroad Regional Division Tody Satria menjelaskan jalur tambahan tersebut masih dalam persiapan dan pembersihan dari sisa pekerjaan. Untuk itu, lajur tambahan tersebut masih belum dioperasikan.

Kendati demikian, Tody menyebut ruas tersebut siap digunakan untuk mendukung kelancaran arus mudik dan juga arus balik Lebaran 2022.

"Jika arahan pusat setuju untuk dibuka fungsional maka tim proyek dan regional akan buka fungsional sesuai arahan," ujarnya, Jumat (22/4/2022).

Sebelumnya, Corporate Communication & Community Development Group Head Dwimawan Heru menjelaskan bahwa proyek pelebaran lajur Jalan Tol Jakarta Cikampek saat ini melengkapi proyek pekerjaan pelebaran lajur yang telah dilakukan pada tahun-tahun sebelumnya, sebanyak dua kali yang pertama kali dilakukan pada 2017, pelebaran dilakukan semula tiga lajur menjadi empat lajur di km 67 sampai dengan km 62.

Sementara itu, pelebaran yang kedua pada 2020 setelah Jalan Layang MBZ resmi beroperasi, dilakukan pelebaran yang semula tiga lajur menjadi lima lajur di km 50 sampai dengan km 48.

Dia menjelaskan dengan adanya pelebaran jalan ini, diharapkan dapat meningkatkan jumlah kapasitas lajur, untuk menampung kendaraan yang melintas di Jalan Tol Jakarta-Cikampek yang memiliki pertumbuhan volume kendaraan signifikan.

Jasa Marga mencatat lalu lintas harian rata-rata yang melintas di Jalan Tol Jakarta-Cikampek sebanyak 442.087 kendaraan pada kuartal I/2022, meningkat sebesar 8,33 persen jika dibandingkan dengan dibanding periode yang sama tahun lalu.

"Pelebaran Jalan Tol Jakarta-Cikampek sangat dibutuhkan untuk meningkatkan kelancaran lalu lintas,” jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jalan tol Mudik Lebaran mudik jalan tol jakarta-cikampek (japek)
Editor : Rio Sandy Pradana

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top