Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Top 5 News Bisnisindonesia.id: Penjualan Ritel Mobil Hingga Transaksi Properti Sukanto Tanoto

Penjualan ritel mobil sepanjang kuartal pertama bertumbuh cukup kuat hingga mendekati capaian sebelum pandemi Covid-19. Hyundai mencatatkan laju pertumbuhan paling kencang, sementara Suzuki bertumbuh dengan tingkat paling moderat
Suasana Indonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid 2022 di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Kamis (31/3/2022). Bisnis/Himawan L Nugraha
Suasana Indonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid 2022 di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Kamis (31/3/2022). Bisnis/Himawan L Nugraha

Bisnis.com, JAKARTA — Penjualan ritel mobil sepanjang kuartal pertama bertumbuh cukup kuat hingga mendekati capaian sebelum pandemi Covid-19. Hyundai mencatatkan laju pertumbuhan paling kencang, sementara Suzuki bertumbuh dengan tingkat paling moderat.

Berdasarkan data Gaikindo, penjualan ritel mobil baru sepanjang tiga bulan pertama 2022 bertumbuh 33,6% dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu menjadi 238.377 unit. Toyota kembali memimpin pasar dengan menambah dominasi 1,1 poin persentase menjadi 31,5%, disusul Daihatsu dan Mitsubishi Motors.

Berita dan analisis tersebut menjadi salah satu dari lima bahasan utama di laman Bisnisindonesia.id edisi Sabtu (16/4/2022). Selain berita mengenai penjualan ritel mobil, replanting sawit, kemacetan saat mudik, harga pangan pokok, hingga transaksi Sukanto Tanoto menjadi sajian utama dalam laman ini.

Berikut ringkasan kelima berita dan analisis yang tersaji di laman Bisnisindonesia.id.

Melihat Dinamika Pasar Mobil Kuartal I Tahun 2022

Sebagian besar peningkatan penjualan ritel mobil pada Maret berasal dari model yang mendapat insentif PPnBM dengan total wholesales 10.383 unit, naik 56,1 persen dari 6.650 unit pada Februari.

Dari 13 model Toyota yang mendapat insentif, All New Avanza tercatat mengalami lonjakan penjualan. Dari tiga varian Avanza yang mendapat insentif, angka penjualan naik lebih tiga kali lipat (+227%) yaitu dari 1.552 unit pada Februari menjadi 5.088 unit pada Maret.

Daihatsu mengungkapkan tiga modelnya yang mendapatkan insentif diskon PPnBM mengalami peningkatan penjualan signifikan pada Maret 2022. Terios mencatatkan penjualan 2.339 unit (+118%), Xenia sebanyak 2.313 unit (+75%), dan Rocky sebanyak 1.245 unit (16%). Bagaimana kinerja penjualan merek lainnya yang masuk dalam jajaran 10 besar memimpin pasar otomotif Indonesia? 

Syarat Tambah Panjang, Replanting Sawit Kian Menantang

Peremajaan Sawit Rakyat (PSR) merupakan salah satu program strategis nasional yang dipercepat realisasinya mengingat pentingnya komoditas ini bagi perekonomian nasional.

Industri kelapa sawit tercatat berkontribusi 3,5 persen terhadap PDB nasional serta berperan besar mengurangi kemiskinan serta penciptaan lapangan kerja bagi lebih dari 16 juta orang.

Program PSR bermaksud menggenjot produktivitas sawit yang saat ini sekitar 3 ton per hektare dengan umur tanaman sudah di atas 25 tahun.  Sepanjang tahun 2020-2022, program ini membidik peremajaan 540.000 ha kebun sawit rakyat. 

Hingga tahun 2020 tercatat baru sekitar 200,2 ha dengan dana program PSR yang tersalurkan Rp 5,3 triliun. Karena itu tahun ini realisasi bakal dikebut dengan target 180.000 ha sampai akhir 2022.

Namun di tengah upaya mempercepat langkah di atas, pemerintah justru menambah banyak persyaratan untuk mendapatkan program PSR oleh petani atau kelompok tani yang mengajukan peremajaan kebunnya. Bagaimana replanting sawit tetap berjalan di tengah sejumlah persyaratan kepada petani atau kelompok tani yang mengajukan peremajaan kebunnya?

Mengurai Kemacetan Saat Mudik, Seberapa Efektif?

Jalur darat menjadi titik krusial dari penanganan kelancaran arus mudik dan arus balik lebaran tahun ini. Berdasarkan survei Balitbanghub sekitar 47 persen dari 85,5 juta orang yang diprediksi akan melakukan mudik akan menggunakan jalur darat.

Dua pekan menjelang Idulfitri, pemerintah terus memperkuat persiapan saat momentum mudik. Kementerian Perhubungan memperkirakan puncak arus mudik akan dimulai sejak 28 April hingga 1 Mei, atau sejak H-4 Lebaran. 

Setelahnya, puncak arus balik akan terjadi pada H+7 sampai H+8. Kondisi ini mengingat durasi cuti bersama yang diberikan pemerintah lebih panjang dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.  

Ketetapan cuti bersama Lebaran 2022 telah diumumkan Presiden Joko Widodo mulai 29 April dan 4  - 6 Mei 2022. Bila diakumulasikan dengan libur lebaran 2 - 3 Mei serta menghitung libur pada Sabtu - Minggu, maka total libur Idulfitri kali ini mencapai 10 hari. Bagaimana upaya pemerintah dalam mengurai kemacetan saat puncak mudik?

Berjibaku Pastikan Harga Pangan Pokok Stabil

Potensi lonjakan harga kebutuhan pokok masyarakat memang tidak terhindarkan. Setelah kenaikan tinggi komoditas minyak goreng, Kementerian Perdagangan berjibaku memastikan harga pangan lainnya dapat turun atau stabil.

Berdasarkan harga kebutuhan pokok nasional Kementerian, pelbagai bahan pangan cenderung stabil maupun turun. Kenaikan hanya terjadi pada minyak goreng premium kemasan sebesar Rp100 per liter dari pekan sebelumnya menjadi Rp26.400 per liter.

Kemudian bawang putih hanon ikut terkerek Rp100 per kilogram menjadi Rp31.200 per kilogram, serta kedelai impor masih mengalami lonjakan Rp100 per kilogram menjadi Rp13.900 per kilogram. Bagaimana upaya pemerintah menjamin harga pangan pokok tetap stabil?

Transaksi Sukanto Tanoto Bantu Properti Singapura Kuartal I Tahun 2022

Pebisnis kondang asal Indonesia Sukanto Tanoto, yang pada Februari lalu membeli Tanglin Shopping Center dari CDL, menjadi penopang penting transaksi bisnis real estat Singapura pada 3 bulan pertama tahun ini. 

Pasar properti di Singapura mencatat total Sin$6,1 miliar (Rp64,57 triliun) transaksi penjualan investasi selama kuartal pertama tahun ini, menurut laporan penelitian terbaru konsultan properti global Cushman & Wakefield.

Ini menandai penurunan 17,5% dibandingkan dengan kuartal sebelumnya (quarter-to-quarter/qtq), didorong oleh jumlah transaksi yang lebih rendah di segmen industri dan campuran.

Meski demikian, sebagaimana dilansir laman properti EdgeProp, penjualan investasi meningkat sebesar 40% dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu (year-on-year/yoy), didukung oleh aktivitas yang kuat di pasar residensial dan komersial.

Penjualan investasi residensial mencapai Sin$3 miliar (Rp31,75 triliun) pada kuartal pertama 2022, meningkat dari Sin$2,8 miliar (Rp29,64 triliun) yang tercatat pada kuartal sebelumnya. Bagaimana transaksi pembelian properti Sukanto Tanoto bisa membantu properti Singapura kuartal i tahun 2022?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Yanita Petriella

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper