Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Top 5 News Bisnisindonesia.id: Dari Tugas DK OJK hingga GOTO Bakal Antar IHSG ke 7.300

BisnisIndonesia.id menyajikan informasi menarik sepanjang Jumat (08/04/2022) hingga Sabtu (09/04/2022) dini hari WIB antara lain sejumlah besar pekerjaan rumah menanti Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan yang baru dipilih oleh Komisi XI DPR RI.
M. Syahran W. Lubis
M. Syahran W. Lubis - Bisnis.com 09 April 2022  |  08:33 WIB
Top 5 News Bisnisindonesia.id: Dari Tugas DK OJK hingga GOTO Bakal Antar IHSG ke 7.300
Karyawan berada di dekat logo Otoritas Jasa Keuangan di Jakarta./Bisnis - Abdullah Azzam
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Sejumlah besar pekerjaan rumah menanti Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan yang baru dipilih oleh Komisi XI DPR RI. Berita itu menjadi salah satu dari lima berita pilihan Bisnisindonesia.id sepanjang Jumat (08/04/2022) hingga Sabtu (09/04/2022) dini hari WIB.

Selain itu terdapat informasi mengenai prediksi kenaikan penerimaan pajak pemerintah, ancaman boikot KTT G20 di Bali, keadilan dalam kebijakan penangkapan terukur berbasis kuota, dan IHSG berpeluang naik ke level 7.300 pekan depan.

Berikut ini adalah intisari dari setiap berita pilihan:

1. Sederet Harapan Pelaku Industri Jasa Keuangan di Pundak OJK

Sejumlah besar pekerjaan rumah menanti Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan yang baru dipilih oleh Komisi XI DPR RI untuk membenahi industri jasa keuangan dalam negeri, terutama setelah berhasil melewati periode berat pandemi dengan susah payah.

Komisi XI DPR RI secara musyawarah mufakat telah memilih tujuh dari 14 nama untuk menduduki kursi singgasana kepemimpinan OJK selama 5 tahun ke depan. OJK periode baru dinahkodai oleh Mahendra Siregar, sedangkan Mirza Adityaswara Wakil Ketua.

Pelaku industri jasa keuangan di tiap sektor pun menitipkah harapan pada dewan komisioner (DK) yang baru ini. Terpilihnya Anggota DK OJK yang seluruhnya orang baru akan membawa harapan baru, meski tantangan tetap menanti.

2. Musim Tanam PPN, Puluhan Triliun Dana Pajak Bakal Siap Petik

Pemerintah mulai 1 April menerapkan kenaikan PPN dari 10 persen menjadi 11 persen. Tak hanya itu, pemerintah juga mulai memberlakukan PPN dan PPh untuk aset kripto dan transaksi fintech,  sektor yang selama ini belum tersentuh.

Langkah tersebut diprediksi meningkatkan pendapat pemerintah dari sisi pajak. Dari kenaikan PPN saja pemerintah diproyeksikan bisa meraup pendapatan tambahan hingga Rp60 triliun. Angka itu jauh lebih besar dari perkiraan sebelumnya yang menyebutkan dari kenaikan PPN bisa dikumpulkan pendapat pajak sekitar Rp41 triliun.

Langkah agresif itu diyakini akan memengaruhi penerimaan negara, apalagi PPN merupakan salah satu penopang perpajakan Indonesia.

3. Dibayangi Boikot, KTT G20 di Bali Dibatalkan?

Konflik Rusia-Ukraina di Eropa Timur telah menggelinding jadi bola salju besar yang mengganggu persiapan KTT G20 di Bali.

Bola salju raksasa itu membawa "hawa boikot", mengancam lancarnya penyelenggaraan KTT G20 di era Presidensi Indonesia. Ancaman boikot menyeruak seiring invasi Rusia ke Ukraina. Beredarnya foto jenazah warga sipil di Bucha, Ukraina, yang diduga korban tindakan brutal tentara Rusia memperkuat gema yang menuntut Negeri Beruang Merah itu dijatuhi sanksi lebih berat.

Sanksi itu tidak hanya berupakan hukuman ekonomi, lebih dari itu muncul tuntutan agar Rusia diasingkan dari berbagai kegiatan multilateral. Tak selang lama setelah beredarnya foto jenazah warga sipil di Ukraina langsung muncul kampanye untuk menyingkirkan Rusia dari Komisi HAM PBB.

4. Mencermati Pembagian Kuota Penangkapan Ikan Terukur

Pemerintah berjanji mengutamakan kepentingan nelayan lokal dalam implementasi kebijakan penangkapan terukur dengan kuota tanpa batasan dan tidak dipungut PNBP. Berapa pun kuota yang dibutuhkan nelayan lokal, Kementerian Kelautan dan Perikanan memastikan akan penuhi dan tidak ada pembatasan.

Sejumlah kapal nelayan tengah mencari ikan. — Antara

Dirjen Perikanan Tangkap KKP Tangkap Muhammad Zaini mencontohan saat ini nelayan ambil satu kapal 1 ton misalnya, kemudian nanti mampu 10 ton, silakan kalau mampu. Juga tidak dengan sistem kontrak dan tidak perlu bayar PNBP.

Namun, pengamat kelautan mengingatkan agar kebijakan penangkapan terukur berbasis kuota harus bisa menghadirkan keadilan, jangan sampai menciptakan konflik antara investor dan nelayan. "Diperlukan pengaturan tegas agar tidak terjadi konflik perebutan sumber daya ikan," kata Direktur Eksekutif Pusat Kajian Maritim untuk Kemanusiaan Abdul Halim.

5. Listing GOTO Bakal Antarkan IHSG ke 7.300

Indeks harga saham gabungan atau IHSG lagi-lagi menyentuh level rekor tertingginya atau all time high saat penutupan perdagangan pekan ini pada Jumat (08/04/2022). Pekan depan, laju rekor ini kemungkinan akan kembali terpecahkan, seiring dengan hadirnya PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk.

Peluang IHSG naik ke level 7.300 sangat mungkin terjadi pada pekan depan seiring dengan kehadiran emiten baru raksasa teknologi GOTO. Belum ada ancaman tren naik ini akan berhenti

Dengan demikian, IHSG sudah sangat dekat dengan target perkiraan analis sejak tahun lalu yakni level 7.300. Meski indikator makin tinggi dan sudah masuk posisi jenuh beli, investor tak perlu buru-buru keluar dari pasar yang tengah dalam tren positif.

Selamat membaca!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Pajak perikanan OJK g20 Goto
Editor : M. Syahran W. Lubis
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top