Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Forum TIIWG G20 Angkat Topik Pajak Karbon di Pertemuan Kedua

Salah satu isu yang diangkat dalam pertemuan TIIWG yang kedua adalah terkait dengan pajak karbon, di mana Indonesia akan mulai menerapkan mulai Juli 2022. Kebijakan ini diundur dari semula pada 1 April 2022. 
Nindya Aldila
Nindya Aldila - Bisnis.com 30 Maret 2022  |  19:24 WIB

Bisnis.com, JAKARTA - Rangkaian forum Trade, Investment, and Industry Working Group (TIIWG) G20 akan mengangkat tema investasi yang berkelanjutan sebagai topik prioritas seiring dengan upaya transisi energi global.

Hal itu disampaikan oleh Deputi Bidang Kerja Sama Penanaman Modal Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Riyatno dalam pertemuan pertama Trade, Investment, and Industry Working Group (TIIWG) G20 pada Rabu (30/3/2022).

"Isu prioritas sustainable investment tujuannya adalah dalam menarik investasi bukan hanya memberikan keuntungan secara ekonomi, tetapi juga seacara dari sisi lingkungan hidup, sosial," ungkapnya.

Salah satu isu yang diangkat dalam TIIWG selanjutnya adalah terkait dengan pajak karbon, di mana Indonesia akan mulai menerapkan mulai Juli 2022. Kebijakan ini diundur dari semula pada 1 April 2022. 

Pada saat yang sama, Dirjen Perundingan Perdagangan Internasional Kementerian Perdagangan Djatmiko Bris Witjaksono selaku Ketua TIIWG mengatakan ekonomi global sudah memperlihatkan tanda-tanda pemulihan.

Kendati demikian, pemulihan tidak berjalan secara merata di seluruh dunia, terutama di negara yang kurang berkembang.

"Kami ingin mengajak semua yang hadir di pertemuan G20, sama-sama kita mengambil satu kerja sama menyikapi dinamika dan persoalan, mulai dari isu kesehatan, digitalisasi, transisi energi yang berkelanjutan," katanya.

Pertemuan TIIGW ini dihadiri oleh 41 delegasi anggota G20. Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita dan Walikota Solo Gibran Rakabuming Raka dijadwalkan akan menyambut para delegasi dalam acara makan malam di Pura Mangkunegaran.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

investasi g20
Editor : Hadijah Alaydrus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top