Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Revitalisasi Bandara Halim: 14 Penerbangan Jet Pribadi Dialihkan ke Bandara Soetta

Pada periode 24 Januari 2022 hingga 10 Maret 2022, jumlah penerbangan pesawat pribadi yang dioperasikan 14 maskapai di bandara Soetta secara kumulatif menembus 523 penerbangan.
Bandara Soekarno Hatta/wikipedia.org
Bandara Soekarno Hatta/wikipedia.org

Bisnis.com, JAKARTA - Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) telah melayani penerbangan jet pribadi (private jet) yang dioperasikan oleh sebanyak 14 maskapai seiring dilakukannya revitalisasi bandara Halim Perdanakusuma

Direktur Utama AP II Muhammad Awaluddin menuturkan layanan jet pribadi telah dibuka sejak 24 Januari 2022. Layanan pesawat jet pribadi yang termasuk dalam kategori General Aviation ini sebelumnya dioperasikan di Bandara Halim Perdanakusuma, dan seiring revitalisasi yang dilakukan di bandara itu, maka penerbangan pesawat jet pribadi saat ini dioperasikan di Bandara Soekarno-Hatta.

Pada periode 24 Januari 2022 hingga 10 Maret 2022, jumlah penerbangan pesawat pribadi yang dioperasikan 14 maskapai di bandara Soetta secara kumulatif menembus 523 penerbangan, terdiri dari 353 penerbangan domestik dan 170 penerbangan internasional. Sementara itu, total jumlah penumpang tercatat sebanyak 2.584 orang penumpang.

"Dengan adanya jet pribadi, maka ekosistem penerbangan di Bandara Soekarno-Hatta semakin lengkap yang berarti juga menghadirkan beragam pilihan bagi penumpang dalam melakukan perjalanan, baik itu penerbangan langsung atau penerbangan lanjutan," ujarnya melalui keterangan resmi, Minggu (13/3/2022).

Lebih dari itu, tutur Awaluddin, penumpang pesawat berjadwal ketika mendarat kini memiliki pilihan menggunakan pesawat jet pribadi untuk mencapai destinasi selanjutnya.

Adapun saat ini sudah terdapat penerbangan berjadwal di Bandara Soekarno-Hatta yang dilayani berbagai maskapai berjadwal domestik seperti Garuda Indonesia Group, Lion Air Group, Sriwijaya Air Group dan AirAsia Indonesia, lalu maskapai berjadwal internasional.

Menurutnya layanan dan operasional jet pribadi di Bandara Soekarno-Hatta saat ini sudah berjalan lancar didukung lengkapnya berbagai fasilitas dan infrastruktur.Bandara Soekarno-Hatta memiliki fasilitas dan infrastruktur yang lengkap untuk mendukung penerbangan pesawat jet pribadi.

Terkait fasilitas, keberangkatan dan kedatangan penumpang jet pribadi ini dilakukan di lokasi khusus yakni Saphire Precious Lounge yang terletak di kawasan Terminal 1, bukan di terminal penumpang maskapai berjadwal.

Adapun, tiga teratas fasilitas yang paling dibutuhkan penumpang pesawat jet pribadi adalah lounge khusus, area parkir kendaraan khusus, dan layanan Bea Cukai, Karantina dan Imigrasi.

Di samping itu, Bandara Soekarno-Hatta juga sudah dilengkapi dengan berbagai penambahan infrastruktur sisi udara seperti East Cross Taxiway, High Speed Exit Taxiway hingga Runway Ketiga sehingga kapasitas bandara dalam melayani penerbangan meningkat dan dapat melayani penerbangan jet pribadi dengan lancar.

“Fasilitas khusus dan infrastruktur yang lengkap membuat operasional pesawat jet pribadi juga tidak mengganggu operasional penerbangan berjadwal,” jelasnya.

Menurutnya dengan didukung fasilitas pelayanan yang lengkap serta infrastruktur keamanan dan keselamatan penerbangan, keberadaan pesawat jet pribadi di Bandara Soekarno-Hatta pun mendapat respons sangat baik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper