Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Harga Minyak Goreng Mahal, Kerugian Ekonomi Tembus Rp3,38 Triliun!

Ideas mencatat kerugian ekonomi akibat harga minyak goreng langka tembus Rp3,38 triliun.
Sejumlah warga antre untuk membeli minyak goreng kemasan saat operasi pasar minyak goreng murah di Halaman Kantor Kecamatan Pamulang, Tangerang Selatan, Banten, Selasa (11/1/2022). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti
Sejumlah warga antre untuk membeli minyak goreng kemasan saat operasi pasar minyak goreng murah di Halaman Kantor Kecamatan Pamulang, Tangerang Selatan, Banten, Selasa (11/1/2022). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti

Bisnis.com, JAKARTA — Lembaga riset Institute for Demographic and Poverty Studies (Ideas) memperkirakan kerugian ekonomi yang ditanggung masyarakat akibat krisis kenaikan harga minyak goreng mencapai Rp3,38 triliun. Kerugian ini merupakan akumulasi dari selisih harga rata-rata minyak goreng pada periode April 2021—Januari 2022 dibandingkan dengan sebelumnya.

Dalam riset kebijakan Ideas, estimasi kerugian masyarakat diperoleh dengan menjadikan harga rata-rata minyak goreng pada periode Januari—Maret 2021 sebagai harga acuan harga normal. Akumulasi kerugian sendiri berasal dari dua periode, yakni pada April—September 2021 sebesar Rp980 miliar dan Oktober 2021—Januari 2022 sebesar Rp2,4 triliun.

“Jika selama periode kelangkaan minyak goreng setelah 19 Januari 2022 [setelah penetapan harga Rp14.000 per liter] masyarakat mempertahankan konsumsi minyak goreng dengan membeli pada harga yang lebih tinggi, maka kerugian masyarakat akan makin besar,” tulis Ideas dalam riset yang dikutip Sabtu (12/3/2022).

Konsumsi minyak goreng nasional sendiri diperkirakan mencapai 3,3 miliar liter pada 2021. Konsumsi per kapita per tahun mencapai 12,3 liter, sementara pengeluaran per tahun masyarakat untuk membeli minyak goreng diperkirakan mencapai Rp43 triliun atau Rp156.000 per kapita per tahun.

Ideas mencatat bahwa kelas menengah merupakan kelompok yang mendominasi konsumsi minyak goreng nasional dan paling terdampak kenaikan harga.

Kelompok dengan pengeluaran per kapita per bulan di kisaran Rp1 juta—Rp3 juta, yang merupakan 40,7 persen populasi Indonesia, menyumbang sampai 46,4 persen konsumsi minyak goreng nasional atau sekitar 4,23 juta liter per hari atau 1,52 miliar liter per tahun. Kelompok ini mengalami kerugian sekitar Rp1,57 triliun.

Kelompok berpengeluaran Rp400.000 per kapita/bulan sampai Rp1 juta per kapita/bulan menjadi penyumbang konsumsi terbesar dengan persentase 42,2 persen dari total konsumsi. Dengan konsumsi mencapai 1,39 miliar liter per tahun, potensi kerugian kelompok ini menyentuh Rp1,43 triliun.

Sementara berdasarkan wilayah, kerugian ekonomi terbesar dari harga tinggi minyak goreng dialami oleh konsumen rumah tangga di Jawa. Denan konsumsi 5,1 juta liter per hari, masyarakat di Jawa menanggung kerugian sebesar Rp1,99 triliun.

Kerugian terbesar kedua dialami konsumen rumah tangga di Sumatra yang konsumsi total per harinya mencapai 2,5 juta liter. Kerugian diestimasi mencapai Rp850 miliar selama April 2021—Januari 2022.

Sementara itu, total kerugian yang dirasakan konsumen di wilayah lain seperti Kalimantan, Sulawesi, Bali Nusa Tenggara, Maluku dan Papua diestimasi mencapai Rp540 miliar.

Mengutip data Sistem Pemantauan Pasar dan Kebutuhan Pokok Kementerian Perdagangan (SP2KP), harga rata-rata minyak goreng curah secara nasional berada di level Rp16.000 per liter, turun 4,78 persen dibandingkan dengan harga rata-rata sebulan lalu. Namun harga ini telah naik 26,98 persen dibandingkan dengan rata-rata harga Maret 2021.

Pemerintah sejauh ini telah menetapkan kebijakan harga khusus atau domestic price obligation (DPO) untuk kebutuhan dalam negeri yang menyasar 30 persen produk CPO dan minyak olein yang diekspor. Lewat kebijakan domestic market obligation (DMO), 30 persen bahan baku minyak goreng rumah tangga dan konsumsi usaha kecil harus dijual dengan harga di bawah harga internasional, yakni Rp9.300 per kg untuk CPO dan Rp10.300 per kg untuk minyak olein.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper