Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kementerian ESDM Pasang 288 Lampu Tenaga Surya di Pedalaman Papua

Kementerian ESDM memasang 388 unit lampu tenaga surya hemat energi di pedalaman Papua.
ESDM pasang Lampu Tenaga Surya Hemat Energi/Istimewa
ESDM pasang Lampu Tenaga Surya Hemat Energi/Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) meresmikan pemasangan 388 unit Lampu Tenaga Surya Hemat Energi (LTSHE) di Kabupaten Yahukimo dan Lanny Jaya, Papua.

Direktorat Jenderal Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE) Kementerian ESDM menuturkan pendistribusian dan pemasangan LTSHE di dua kabupaten tersebut telah selesai 100 persen. Dengan demikian, cahaya lampu LTSHE sudah bisa dinikmati oleh masyarakat.

"Salah satu wilayah yang menjadi lokasi pemasangan LTSHE di tahun 2021 adalah Kabupaten Lanny Jaya dan Kabupaten Yahukimo, dengan total jumlah unit yang telah dipasang sebanyak 388 unit," kata Hendra dalam siaran pers, dikutip Selasa (1/3/2022).

Pemerintah terus berupaya menyediakan akses listrik bagi seluruh masyarakat Indonesia, khususnya masyarakat di wilayah terluar yang sulit dijangkau oleh akses jaringan listrik PLN.

Kementerian ESDM melalui Dirjen EBTKE terus melakukan koordinasi dalam upaya mengoptimalkan pemanfaatan sumber energi terbarukan setempat untuk penyediaan listrik. Salah satu solusinya dengan pendistribusian dan pemasangan LTSHE di wilayah-wilayah terluar.

Direktur Perencanaan dan Pembangunan Infrastruktur EBTKE, Hendra Iswahyudi menyatakan pemasangan 388 unit LTSHE di Papua merupakan bagian dari program pra elektrifikasi PLN.

"LTSHE ini sebagai program pra elektrifikasi sebelum nantinya jaringan PLN masuk. Kedepannya juga bisa dibangun PLTS terpusat ataupun melalui pemanfaatan sumber EBT lainnya," ujarnya.

Hendra menambahkan, Pemerintah terus berupaya agar pemanfaatan APBN dapat dirasakan langsung oleh masyarakat. Bagi wilayah terluar dan terdepan, fokus pemerintah adalah terus menyediakan akses energi dengan memanfaatkan potensi sumber energi setempat.

Program pra elektrifikasi melalui LTSHE telah dilaksanakan oleh pemerintah melalui Kementerian ESDM sejak tahun 2017 dengan total pemasangan sebanyak 363.220 unit di 4.061 Desa di seluruh Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper