Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rangkuman Data Perubahan Pola Pengeluaran Masyarakat Indonesia dari Kesehatan Hingga Alas Kaki

Pendemi berdampak besar terhadap pola pengeluaran masyarakat Indonesia. Simak perubahan pola pengeluaran masyarakat dari pesta hingga biaya kesehatan di sini.
Pedagang melayani pembeli di pasar tradisional. Foto ilustrasi. Bisnis/Arief Hermawan P
Pedagang melayani pembeli di pasar tradisional. Foto ilustrasi. Bisnis/Arief Hermawan P

Bisnis.com, JAKARTA -- Pendemi berdampak besar terhadap pola pengeluaran masyarakat Indonesia. Simak perubahan pola pengeluaran masyarakat dari pesta hingga biaya kesehatan melalui tautan ini.

Rangkuman data perubahan pola pengeluaran itu antara lain mencakup PDB per kapita masyarakat indonesia 2010-2021, rata-rata pengeluaran kesehatan per kapita 2016-2021, rata-rata pengeluaran kesehatan prefentif per kapita 2016-2021, rata-rata pengeluaran untuk sayur mayur per kapita lima tahun terakhir.

Selanjutnya, rata-rata pengeluaran untuk alas kaki 2016-2021, pengeluaran untuk tutup kepala selama 2016-2021, rata-rata pengeluaran untuk tembakau dan sirih selama periode yang sama. DataIndonesia.id merangkum semua data itu yang sajian beserta visualisasinya dapat disimak melalui tautan ini.

Pandemi Covid-19 telah menghantam berbagai sendi ekonomi di dalam negeri. Hal itu juga sempat membuat pendapatan masyarakat Indonesia mengalami penurunan. Kondisi ini sebagaimana tecermin dari produk domestik bruto (PDB) per kapita Indonesia yang sebesar Rp57,3 juta pada 2020.

Jumlah ini turun 3,37% dari tahun sebelumnya yang sebesar Rp59,3 juta. Namun, pendapatan per kapita di Indonesia mulai kembali pulih kembali setahun setelahnya. Tercatat PDB per kapita di Indonesia mengalami peningkatan 8,55% menjadi sebesar Rp62,2 juta pada 2021.

Meski pendapatan masyarakat sempat menurun, hal tersebut tak membuat pengeluaran mereka berkurang. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), rata-rata pengeluaran masyarakat Indonesia per bulannya mencapai Rp1.264.590 per bulan pada tahun lalu.

Selengkapnya mengenai beralihnya pengeluaran masyarakat saat pandemi dapat diikuti di sini.

Simak pula berbagai rangkuman data sosial ekonomi seperti di atas melalui Dataindonesia.id. DataIndonesia.id menyajikan beragam data untuk membantu Anda mengambil keputusan yang lebih tepat. Ada data tentang bursa dan keuangan, data mengenai industri dan sektor riil, mengenai perkembangan digital, internet dan telekomunikasi, serta data mengenai indikator sosial kemasyarakatan. Selengkapnya di sini.

Anda juga dapat mengakses arsip lengkap mengenai regulasi (peraturan yang dikeluarkan pemerintah), dokumen laporan-laporan industri dan kinerja yang diterbitkan pemerintah serta lembaga kredibel di sini dan di sini serta di sini.

Tidak ketinggalan juga di DataIndonesia.id terdapat arsip mengenai hasil RUPS, kinerja perubahaan terbuka, prospektus ringkas, serta arsip berita dari koran. Selengkapnya di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : DataIndonesia.id
Editor : Setyardi Widodo
Sumber : DataIndonesia.id
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper