Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ini Rute Bus DAMRI yang Sudah Bisa Dipesan Lewat KAI Access

Pelanggan kereta api bisa memesan tiket Bus DAMRI melalui aplikasi KAI Access. Untuk tahap pertama, hanya ada dua rute yang bisa dipesan.
Rahmi Yati
Rahmi Yati - Bisnis.com 02 Februari 2022  |  22:21 WIB
Bus Damri.  - DAMRI
Bus Damri. - DAMRI

Bisnis.com, JAKARTA – Pelanggan kereta api bisa memesan tiket Bus DAMRI untuk menuju stasiun keberangkatan maupun dari stasiun kedatangan ke tujuan yang diinginkan melalui aplikasi KAI Access.

Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI Didiek Hartantyo mengatakan pada tahap awal ini, tiket Bus DAMRI yang dapat dipesan dari KAI Access adalah rute Stasiun Gambir - Bandara Soekarno-Hatta pp serta Stasiun Yogyakarta - Hotel Wisata Magelang pp.

"Rute tersebut dipilih karena merupakan rute yang diminati pelanggan selama ini setelah atau sebelum menggunakan layanan Kereta Api. Ke depan rute Bus DAMRI yang dapat dipesan melalui KAI Access akan semakin dikembangkan," katanya, Rabu (2/2/2022).

Menurut Didiek, integrasi transportasi merupakan suatu keharusan di masa sekarang. Integrasi antarmoda menjadi suatu kunci yang memberikan pelayanan kepada pelanggan secara end-to-end.

Maka dari itu, lanjutnya, pihaknya bekerjasama dengan Perum DAMRI dalam menghadirkan layanan antarmoda Kereta Api Jarak Jauh yang efisien dan kian memudahkan masyarakat.

"Integrasi antarmoda pada aplikasi KAI Access merupakan bentuk peningkatan pelayanan kepada pelanggan melalui kemudahan memesan tiket Bus DAMRI pada satu aplikasi," ucap Didiek.

Sementara itu, Direktur Komersial Perum DAMRI Sandry Pasambuna mengaku telah lama menantikan kolaborasi tersebut.

Dia menyebut KAI Access dapat memudahkan masyarakat menggunakan moda transportasi baik kereta api maupun bus dengan pembayaran tarif yang lebih mudah yaitu non-tunai.

"Ini yang kami harapkan dan mudah-mudahan ke depan ini kita akan bekerjasama di semua terminal-terminal yang dilewati oleh KAI. DAMRI dalam hal ini sepenuhnya mendukung penggunaan fitur e-moda KAI Acces ini," tutur Sandry.

Lebih lanjut dia berharap, dengan adanya integrasi DAMRI bersama KAI ini, peningkatan penumpang akan kembali bangkit sehingga juga berdampak positif terhadap pendapatan perusahaan.

"Kami mendoakan semoga dengan adanya KAI Access ini DAMRI tidak hanya di Jakarta tapi di beberapa provinsi dan kota bisa berkolaborasi," tambahnya.

Sebagai informasi, untuk dapat menggunakan layanan add on Bus DAMRI, pelanggan harus memperbarui  aplikasi KAI Access nya ke versi 4.9.0.

Cara untuk mendapatkan tiket Bus DAMRI adalah dengan memilih tiket KA yang sudah dibeli pada menu my ticket, lalu pilih menu layanan, kemudian pilih menu Bus. Menu layanan Bus tersedia di aplikasi KAI Access hingga 1 jam sebelum kedatangan kereta di stasiun tujuan.

Metode pembayaran yang dapat digunakan untuk layanan antarmoda KAI - DAMRI adalah melalui KAIPay, e-Wallet, dan QRIS. Setelah berhasil melakukan pembayaran, pelanggan akan mendapatkan QR Code Bus DAMRI untuk selanjutnya ditunjukkan kepada petugas di loket DAMRI.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pt kai damri stasiun kereta api
Editor : Amanda Kusumawardhani

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top