Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pemerintah akan Buka Travel Bubble di Bali, Ini Progresnya

Menhub Budi Karya menuturkan pemerintah akan buka travel bubble di Bali usai pemerintah diskusi dengan PM Singapura.
Anitana Widya Puspa
Anitana Widya Puspa - Bisnis.com 28 Januari 2022  |  00:07 WIB
Suasana kawasan wisata Pantai Kuta yang ditutup sementara tampak lengang di Badung, Bali, Minggu (31/5/2020). Salah satu destinasi pariwisata utama di Pulau Dewata tersebut masih ditutup dari aktivitas masyarakat dan kunjungan wisatawan sebagai upaya pencegahan penyebaran Covid-19. - Antara/Fikri Yusuf\n
Suasana kawasan wisata Pantai Kuta yang ditutup sementara tampak lengang di Badung, Bali, Minggu (31/5/2020). Salah satu destinasi pariwisata utama di Pulau Dewata tersebut masih ditutup dari aktivitas masyarakat dan kunjungan wisatawan sebagai upaya pencegahan penyebaran Covid-19. - Antara/Fikri Yusuf\\n

Bisnis.com, JAKARTA – Pemerintah memperluas travel bubble dengan pemerintah Singapura tak hanya untuk di Bintan tetapi juga di Bali.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan pemerintah akan secara bertahap mulai memberikan travel bubble kepada masyarakat untuk menggerakkan kembali pariwisata. Sebelum membuka travel bubble, kemenhub ikut mengawasi agar penularan pandemi Covid-19 terkendali dengan baik. Termasuk untuk melakukan kontrol pergerakan transportasi di berbagai sektor.

“Hasil diskusi dengan Perdana Menteri Singapura, kita menawarkan paling tidak di Bintan dan Bali. Bali ini sedang di-exercise. Kami sangat berhati kita lakukan bertahap agar kontrol prosedur kesehatan tetap dapat dijalankan dengan baik,” ujarnya, Kamis (26/1/2022).

Sementara itu, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut B. Pandjaitan berencana menambah penerbangan langsung (direct flight) dari Singapura-Bali. Itu bersamaan dengan dibukanya travel bubble antara Singapura dengan Batam-Bintan.

"Saya sudah bicara sama Menteri Perhubungan [Budi Karya Sumadi] mau tambah pesawat Singapura ke Bali misal Emirate Singapura direct flight dan seterusnya tapi apakah bisa terus berjalan, we don't know," ujarnya.

Ia menambahkan bahwa meski uji coba sudah mulai dilakukan dan prosedur sudah dibuat dengan ketat, tetapi tak menutup kemungkinan travel bubble kedua negara bisa dihentikan.

“Kami akan evaluasi tiap minggu dan kalau kami anggap tidak bagus akan disetop, jangan bilang kita tidak konsisten, memang keputusan sejalan dengan data," jelas dia

Pemerintah Indonesia-Singapura resmi membuka travel bubble antara Batam dan Bintan. Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan untuk menindaklanjutinya, Kemenhub telah menerbitkan Surat Edaran No. 8/2022 tentang Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Transportasi Laut Perjalanan Luar Negeri Mekanisme Travel Bubble di Kawasan Batam, Bintan, dengan Singapura Dalam Masa Pandemi Covid-19.

SE Kemenhub tersebut merujuk pada terbitnya SE Satgas Covid-19 No.3/2022 tentang Protokol Kesehatan Pelaku Perjalanan Luar Negeri Mekanisme Travel Bubble di Kawasan Batam, Bintan, dengan Singapura Dalam Masa Pandemi Covid-19.

Dalam travel bubble tersebut, Menhub mengatakan telah berkoordinasi secara intensif dengan pemangku kepentingan yakni Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP), pengelola pelabuhan dan Satgas Penanganan Covid-19.

Menurutnya, perjalanan travel bubble sudah dilakukan di beberapa kota sebelumnya seperti di Mandalika dan Bali, dan dapat berjalan dengan lancar. Di Pelabuhan Bandar Bentan Telani, terdapat 12 bilik yang sudah disediakan untuk mengecek suhu tubuh, tes PCR, dan check-in dengan memindai QR Code melalui aplikasi Peduli Lindungi bagi para penumpang yang datang

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bali singapura travel bubble
Editor : Rio Sandy Pradana

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top