Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Di Depan DPR, Menhub Tegaskan KA Makassar-Parepare Beroperasi Tahun 2022

Menhub Budi Karya Sumadi mengaku akan mengupayakan Kereta Api (KA) Makassar-Parepare di Sulawesi Selatan bakal beroperasi tahun 2022.
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengikuti Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan komisi V DPR,  di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (3/2/2021). ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengikuti Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan komisi V DPR, di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (3/2/2021). ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengaku akan mengupayakan Kereta Api (KA) Makassar-Parepare di Sulawesi Selatan bakal beroperasi tahun 2022.

Hal itu disampaikan Budi dalam Rapat Kerja bersama Komisi V DPR RI di Jakarta, Rabu (26/1/2022). Menurutnya, hingga kini masih banyak pihak yang menanyakan kapan proyek tersebut rampung dan mulai beroperasi.

"Kereta api berkaitan dengan Makassar-Parepare, kita akan upayakan sudah dioperasikan tahun ini," ujar Budi, Rabu (26/1/2022).

Dia menyebut, bahwa pengoperasian KA Makassar-Parepare akan dilakukan dengan skema kerja sama pemerintah dengan badan usaha (KPBU). Dengan begitu, pengoperasiannya akan dilakukan oleh pihak swasta bekerja sama dengan badan usaha milik daerah (BUMD).

Budi berharap dengan beroperasinya KA Makassar-Parepare ini, kawasan Sulawesi Selatan bisa sama strategisnya dengan Sumatra Selatan yang mampu mengangkut batu bara dari luar, dan membawa semen dari dalam.

"Potensi semen di situ besar sekali. Jadi di sana tidak sekedar untuk angkutan penumpang tapi sekaligus barang sehingga dia akan ekonomis," ucap Menhub.

Sebelumnya, pembangunan jalur KA Makassar-Parepare ini ditargetkan rampung dan beroperasi pada kuartal III atau IV 2022. Meski demikian, jalur KA ini hanya akan sampai Kabupaten Maros, belum sampai Makassar.

"Kita harapkan kuartal 3 atau 4 akan selesai, dan kita akan mulai mengoperasikan. Belum sampai Makassar, tapi mungkin sudah sampai Maros," ujar Budi dalam konferensi pers akhir tahun beberapa waktu lalu.

Budi mengaku, target tersebut seiring dengan progres pembangunan KA Makassar-Parepare yang saat ini sudah mencapai 80 persen, sehingga tinggal finalisasi dan membentuk konsorsium untuk pengelolaannya.

Sementara itu, Direktur Jenderal Perkeretaapian Kemenhub Zulfikri menambahkan, bahwa pembebasan lahan proyek pembangunan KA Makassar-Parepare ditargetkan rampung awal tahun ini.

Zulfikri menyebut, pembangunan KA tersebut dibagi menjadi dua yakni main line atau jalur utama dengan menggunakan dana APBN, serta siding track di Garongkong, Tonasa, dan Bosowa yang dibiayai dengan skema KPBU.

Adapun, lanjut dia, KA Makassar-Parepare akan mencakup kereta penumpang dan kereta barang, sebab di sana memang banyak industri semen. Rencananya pertengahan 2022 jalur utama sudah mulai dioperasikan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Rahmi Yati
Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper