Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Momentum G20, Menhub Getol Kampanye Kendaraan Listrik

Menhub getol kampanye penggunaan kendaraan listrik memanfaatkan momentum pertemuan G20 di Indonesia.
Rahmi Yati
Rahmi Yati - Bisnis.com 17 Januari 2022  |  15:50 WIB
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (kiri) bersiap mengendarai motor listrik saat diluncurkan sebagai kendaraan dinas Kementerian Perhubungan di Stasiun Gambir, Jakarta, Rabu (16/12/2020).  - ANTARA FOTO
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (kiri) bersiap mengendarai motor listrik saat diluncurkan sebagai kendaraan dinas Kementerian Perhubungan di Stasiun Gambir, Jakarta, Rabu (16/12/2020). - ANTARA FOTO

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) terus berkomitmen mendorong penggunaan kendaraan listrik di Tanah Air. Terlebih, tahun ini Indonesia ditunjuk sebagai tuan rumah penyelenggaraan pertemuan internasional G20.

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan gelaran G20 tersebut merupakan momentum yang tepat mengingat fokus agendanya penciptaan pembangunan yang berkelanjutan dan kelestarian lingkungan yang lebih baik di masa depan.

"Saya berharap momentum Presidensi Indonesia pada G20 dan Gerakan Nasional BBI [Bangga Buatan Indonesia] dapat lebih memasifkan kampanye penggunaan kendaraan ramah lingkungan di Indonesia. Selain itu, diharapkan juga dapat memunculkan produk-produk kendaraan ramah lingkungan dari dalam negeri yang berdaya saing dengan produk luar negeri," ujar Menhub, Senin (17/1/2022).

Budi menyebut, salah satu langkah yang dilakukan Kemenhub adalah menggelar kegiatan Touring Mobil Listrik dari Jakarta menuju ke Jambi pada hari ini. Kegiatan ini bertujuan untuk mendorong penggunaan kendaraan yang ramah lingkungan secara masif.

Adapun kegiatan touring yang dimulai dari Terminal Kampung Rambutan Jakarta ini, kata Menhub, ditujukan untuk menjadikan penggunan kendaraan listrik berbasis baterai ini lebih masif.

"Kegiatan touring ini menjadi simbol bahwa kami selalu konsisten untuk mewujudkan hal itu,” ucap Menhub.

Lebih lanjut menurutnya, adanya permasalahan lingkungan seperti pemanasan global, efek gas rumah kaca, dan emisi karbon, mengharuskan semua pihak melakukan upaya penanganan yang serius salah satunya dengan mulai menggunakan kendaraan berteknologi ramah lingkungan.

Budi memerinci, pelaksanaan touring kendaraan listrik Jakarta-Jambi 2022 ini diikuti oleh 11 unit kendaraan listrik yang terdiri dari 1 unit kendaraan listrik Nissan Leaf; 1 Unit kendaraan listrik DFSK Gelora EV; 1 Unit Kendaraan listrik Hyundai Ionic; 8 Unit Kendaraan listrik operasional Kementerian Perhubungan RI; 2 Unit Kendaraan Service (Non Listrik); 4 unit kendaraan service dan pendamping.

"Jarak Jakarta – Jambi ditempuh sekitar 826 kilometer, dengan estimasi perjalanan selama 2 hari. Diperkirakan para peserta sampai di Jambi pada Rabu, 19 Januari 2022," tuturnya.

Sebagai tambahan, dalam perjalanan touring, para peserta akan berhenti di sejumlah lokasi charging kendaraan atau Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) yang telah didukung oleh PT PLN Persero.

Pada setiap titiknya, juga akan dilakukan kegiatan sosialisasi percepatan kendaraan listrik bersama dengan sejumlah pemerintah daerah dan pemangku kepentingan terkait.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Mobil Listrik Kemenhub
Editor : Rio Sandy Pradana

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top