Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Apa itu NFT? Ini Cara Membuat dan Menjual NFT

Anda dapat mulai membeli menjual NFT atau non fungible token dengan mencetak salah satu aset digital Anda sebagai NFT.
Ilustrasi NFT/istimewa
Ilustrasi NFT/istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – Non Fungible Token (NFT) merupakan aset digital yang telah menarik minat investasi masyarakat Indonesia dalam hal mata uang kripto. NFT digunakan sebagai bukti kepemilikan barang yang dapat dibeli dengan mata uang kripto. 

Barang yang dapat dibeli meliputi beragam media, mulai dari karya seni, klip video, musik, dan sebagainya. Selain itu, NFT juga umumnya muncul dalam format digital, seperti Joint Photographic Experts Group (JPEG), Portable Network Graphics (PNG), Graphics Interchange Format (GIF), dan lainnya.

Setelah Anda memiliki NFT, gunakan untuk jual beli dengan baik. Anda dapat mulai menjual NFT dengan mencetak salah satu aset digital Anda sebagai NFT. Anda dapat mencetak kreasi digital apa pun sebagai NFT, mulai dari seni hingga tulisan dan musik hingga video game.

Sangat mudah untuk mengubah dokumen menjadi NFT juga, dengan mengikuti beberapa langkah sederhana. Ingatlah bahwa harga jual akhir karya Anda akan bergantung pada faktor subjektif seperti kreativitas, kualitas, dan reputasi Anda di antara calon pelanggan.

Berikut ini cara menjual NFT, menurut The Motley Fool, Jumat (31/12/2021).

  1. Pilih pasar dan buat NFT

Langkah pertama adalah memilih pasar NFT yang tepat. Pikirkan pasar ini sebagai Amazon (NASDAQ:AMZN) dari dunia NFT, gudang online karya digital yang dapat dibeli atau dijual. Ada lusinan pasar, dan banyak di antaranya berspesialisasi dalam jenis aset digital tertentu. OpenSea saat ini menawarkan pasar NFT terbesar dan paling beragam.

Setelah Anda memilih pasar yang ingin Anda gunakan, tautkan dompet cryptocurrency yang didanai, pilih opsi "Mint an NFT", dan unggah dokumen digital Anda. Proses setiap pasar akan sedikit berbeda, tetapi sebagian besar memungkinkan Anda untuk mencetak NFT hanya dengan beberapa klik. 

Perhatikan juga bahwa jika Anda tertarik untuk secara pasif memonetisasi pekerjaan Anda dari waktu ke waktu melalui royalti (persentase dari setiap penjualan NFT Anda berikutnya di pasar sekunder, dibayarkan kepada Anda), Anda biasanya akan menetapkan jumlah royalti tersebut selama proses pencetakan.

  1. Cantumkan NFT Anda untuk dijual

Setelah Anda mencetak NFT, Anda akan diberikan pilihan untuk mendaftarkannya dijual di pasar. Perhatikan bahwa meskipun Anda dapat mentransfer dan menjual NFT Anda di pasar lain, mungkin dikenakan biaya tambahan.

Klik tombol "Jual", dan ikuti petunjuknya. Di sini Anda akan dapat memberikan beberapa detail tentang transaksi seperti harga atau batas waktu lelang dan mata uang kripto yang dapat digunakan pembeli NFT untuk membayar Anda. 

Pasar akan menghitung biaya gas atau gas fees apa pun pada titik ini, yang merupakan biaya jaringan blockchain Ethereum untuk mencatat transaksi. Biaya gas ini bervariasi tergantung pada seberapa sibuk jaringan blockchain saat ini. Pasar itu sendiri juga akan mencantumkan biayanya untuk menangani penjualan, biasanya persentase dari harga jual NFT akhir.

  1. Kelola daftar Anda

Setelah Anda menyelesaikan daftar, NFT Anda tersedia untuk dibeli di pasar. Sekarang Anda perlu mempromosikan penjualan kepada pelanggan potensial melalui situs web atau media sosial Anda. Anda juga dapat mengelola cantuman NFT, namun ingat bahwa membuat perubahan atau menghapus cantuman dapat dikenakan biaya lain, dan biaya gas yang telah Anda bayarkan tidak dapat dikembalikan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper