Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Jokowi akan Resmikan Waduk Pidekso di Wonogiri Hari Ini

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan akan meresmikan Waduk Pidekso, di Desa Pidekso, Kecamatan Giriwoyo, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah, pada Selasa (28/12/2021).
Newswire
Newswire - Bisnis.com 28 Desember 2021  |  07:22 WIB
Jokowi akan Resmikan Waduk Pidekso di Wonogiri Hari Ini
Kondisi Waduk Pidekso yang selesai pembangunannya dan dijadwalkan diresmikan oleh Presiden Jokowi, di Desa Pidekso Kecamatan Giriwoyo, Kabupaten Wonogiri, Jateng. - ANTARA
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan akan meresmikan Waduk Pidekso, di Desa Pidekso, Kecamatan Giriwoyo, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah, pada Selasa (28/12/2021).

Waduk Pidekso yang dibangun sejak 2015 di Wonogiri tersebut direncanakan akan diresmikan secara langsung oleh Presiden Jokowi pada pukul 15.00 WIB setelah pembangunanya selesai.

Nur Eko, Project Manager Pembangunan Waduk Pidekso PT PP (Persero) Tbk., mengatakan bahwa selain meresmikan Waduk Pidekso Wonogiri, Presiden Jokowi juga dijadwalkan menaburkan ikan nila, gurami, dan gabus.

Nur Eko menuturkan, pembangunan Waduk Pidekso yang memiliki kapasitas sekitar 25 juta meter kubik tersebut secara kontraktual dimulai sejak pembebasan lahan pada November 2015. Namun, akibat permasalahan lahan pembangunan infrastruktur baru dapat dimulai pada Mei 2018.

Pembangunan Waduk Pidekso di Wonogiri tersebut menghabiskan anggaran sekitar Rp730 miliar. Seluruh infrastruktur di area waduk pun sudah selesai pembangunannya pada pekan lalu.

Pembangunan infrastruktur tersebut meliputi tanggul bendungan, saluran pengelak atau pengalih aliran sungai, pintu utama atau spillway, pelimpah air, fasilitas umum, dan lain-lainnya. Penyelesaian proyek itu pun disebut sesuai target.

“Pembangunan waduk itu memang seharusnya selesai Desember 2022, tetapi dipercepat selama 1 tahun, Desember 2021 ini selesai dan siap diresmikan,” katanya.

Meskipun pembangunan waduk dimajukan 1 tahun, konstruksi bangunan tetap memperhatikan mutu sehingga dijamin aman. Untuk konstruksi, pihaknya tetap memperhatikan teknis yang disyaratkan dan kontrol kualitas juga selalu dilakukan layer per layer.

Meski pembangunannya sudah rampung 100 persen, menurutnya, pemeliharaan waduk selama 1 tahun tetap menjadi tanggung jawab PT PP (Persero) Tbk. selaku kontraktor.

“Tinggi permukaan air atau elevasi sudah mencapai 183 meter di atas permukaan laut [mdpl], sedangkan batas atas elevasi air waduk tercatat 185 mdpl,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Jokowi waduk

Sumber : Antara

Editor : Lili Sunardi
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top