Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Mulai Diairi, Ini Manfaat Bendungan Randugunting di Blora

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memulai pengisian air (impounding) Bendungan Randugunting yang berada di Desa Kalinanas, Kecamatan Japah, Kabupaten Blora, Jawa Tengah.
Yanita Petriella
Yanita Petriella - Bisnis.com 29 November 2021  |  19:49 WIB
Pembangunan Bendungan Randugunting yang berada di Desa Kalinanana Kecamatan Japah, Kabupaten Blora, Jawa Tengah. - Istimewa
Pembangunan Bendungan Randugunting yang berada di Desa Kalinanana Kecamatan Japah, Kabupaten Blora, Jawa Tengah. - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memulai pengisian air (impounding) Bendungan Randugunting yang berada di Desa Kalinanas, Kecamatan Japah, Kabupaten Blora, Jawa Tengah.

Kepala BBWS Pemali Juana Kementerian PUPR Muhammad Adek Rizaldi mengatakan, kontrak pekerjaan pembangunan Bendungan Randugunting dimulai sejak 8 November 2018 dan berakhir pada 7 November 2022, sehingga terjadi percepatan penyelesaian sekitar 11 bulan dari target.

“Saat ini progres konstruksinya sudah 90 persen dengan kondisi tubuh bendungan, spillway, intake dan hidromekanikal semuanya sudah selesai dan telah melewati sidang pengisian bendungan dengan Komisi Keamanan Bendungan, sehingga dinyatakan sudah bisa dilakukan impounding,” ujarnya dalam siaran pers, Senin (29/11/2021).

Dikatakan Adek, untuk sisa pekerjaan ditargetkan pada akhir Desember 2021 sudah mencapai 95 persen, sehingga di Januari 2022 sisa pekerjaan yang 5 persen tinggal penyelesaian fasilitas pendukung, seperti fasilitas umum, pengamanan di sekitar waduk berupa pembuatan pagar, dermaga, dan pekerjaan minor lainnya.

“Kami lakukan impounding segera, agar dari segi manfaat sudah langsung bisa dirasakan masyarakat, terutama untuk mereduksi banjir sebesar 81,42 meter kubik per detik, untuk mengamankan area seluas 2.284 hektare di Kabupaten Pati dan Rembang daerah hilir,” ujarnya.

Manfaat selanjutnya yang segera didapat dengan impounding adalah konservasi air sebagai tampungan air di saat musim hujan.

“Dengan total kapasitas tampungan bendungan sebesar 14,42 juta meter kubik sebagai bendungan multifungsi, akan bermanfaat sebagai konservasi untuk menampung air hujan, sehingga tidak sia-sia terbuang ke laut dan dapat mengisi ketersediaan air tanah di Blora yang sering mengalami kekeringan,” jelasnya.

Dengan selesainya konstruksi bendungan yang merupakan salah satu Program Strategis Nasional (PSN) itu juga akan mendukung peningkatan irigasi premium, yakni irigasi yang mendapatkan air bersumber dari bendungan untuk mengairi areal pertanian di wilayah kering Kabupaten Blora dan Rembang melalui Daerah Irigasi (DI) Kedungsapen seluas 630 hektare dengan pola tanam padi-padi-palawija.

Bendungan yang berjarak sekitar 148 kilometer dari Kota Semarang itu juga diproyeksikan untuk mendukung penyediaan air baku di Kabupaten Blora sebesar 100 liter/detik, Kabupaten Pati 50 liter/detik, dan Kabupaten Rembang 50 liter/detik, serta pengembangan pariwisata air dan agrowisata di Kabupaten Blora.

Kepala SNVT Pembangunan Bendungan BBWS Pemali Juana I Gusti Ngurah Carya Andi Baskara mengatakan, pembangunan Bendungan Randugunting yang dikerjakan oleh PT Wijaya Karya-PT Andesmont Sakti (KSO) menggunakan APBN 2018–2022 senilai Rp880 miliar.

Proses pembebasan lahan yang berjalan lancar membuat pengerjaan bendungan itu bisa lebih cepat dari target yang ditetapkan.

“Secara teknis tidak diperlukan penanganan khusus untuk konstruksinya, material timbunan juga tersedia di daerah genangan, serta didukung cuaca yang lebih banyak musim kemarau. Tidak kalah penting untuk pembebasan lahan juga tidak ada kendala,” katanya.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jawa tengah bendungan Kementerian PUPR
Editor : Lili Sunardi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode Bisnis Indonesia Logo Epaper
To top