Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Dear Pak Erick Thohir, Toilet di SPBU Swasta Gratis Loh

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir telah meminta fasilitas toilet di seluruh stasiun pengisian bahan bakar minyak umum milik PT Pertamina (Persero) tidak menarik biaya kebersihan kepada pelanggan. Di sisi lain, operator swasta telah lebih dulu memberikan fasilitasnya secara gratis.
Muhammad Ridwan
Muhammad Ridwan - Bisnis.com 25 November 2021  |  18:10 WIB
Menteri BUMN Erick Thohir saat berbincang dengan petugas penjaga toilet di SPBU. - Tangkapan layar
Menteri BUMN Erick Thohir saat berbincang dengan petugas penjaga toilet di SPBU. - Tangkapan layar

Bisnis.com, JAKARTA – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir telah meminta fasilitas toilet di seluruh stasiun pengisian bahan bakar minyak umum milik PT Pertamina (Persero) tidak menarik biaya kebersihan kepada pelanggan. Di sisi lain, operator swasta telah lebih dulu memberikan fasilitasnya secara gratis.

Operator stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) swasta yang ada di Indonesia, seperti Shell dan BP-AKR memberikan fasilitas tersebut secara gratis sebagai salah satu cara untuk memanjakan pelanggannya.

Corporate Communications Shell Indonesia Edit Wahyuningtyas menjelaskan, Shell memiliki SOP untuk seluruh kegiatan operasional dan pemeliharaan fasilitas yang ada di SPBU.

Untuk toilet, kata dia, pihaknya melakukan pengecekan kebersihan secara rutin untuk memberikan kenyamanan kepada pelanggan.

“Ketersediaan toilet yang bersih di SPBU Shell merupakan wujud dari layanan kami yang terintegrasi. Shell tidak mengenakan biaya untuk pelanggan yang menggunakan toilet di SPBU milik Shell,” katanya kepada Bisnis, Kamis (25/11/2021).

Di lain pihak, Syahran Wahab, Brand and Comms Manager PT Aneka Petroindo Raya (APR) menuturkan bahwa kenyamanan pelanggan merupakan prioritas.

Untuk itu, fasilitas di setiap SPBU selalu terjaga sesuai dengan SOP yang berlaku, termasuk untuk toilet.

“Di seluruh SPBU BP, toilet adalah bagian dari fasilitas gratis yang dapat digunakan setiap pelanggan, dan kami selalu memastikan agar kebersihan toilet kami tetap terjaga untuk kenyamanan semua pelanggan,” ujar Syahran kepada Bisnis, Kamis (25/11/2021).

Selain toilet, lanjut Syahran, SPBU juga dilengkapi dengan fasilitas penunjang lainnya, seperti kedai kopi, restoran cepat saji, musala, dan minimarket.

Seluruh fasilitas itu menjadi bagian penting dari komitmen perusahaan untuk menjadikan SPBU-nya sebagai one stop shop bagi para konsumen.

“Maka dari itu, merupakan tanggung jawab kami untuk menjaga kebersihan dan kenyamanan semua fasilitas yang ada di SPBU BP,” jelasnya.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

spbu toilet erick thohir
Editor : Lili Sunardi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode Bisnis Indonesia Logo Epaper
To top