Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pertamina Tegaskan Kebersihan Fasilitas SPBU Menjadi Tanggung Jawab Pengelola

PT Pertamina (Persero) menegaskan bahwa kebersihan fasilitas toilet di stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) merupakan tanggung jawab dari pengelola. Pengelola pun harus memastikan konsumen mendapatkan pelayanan yang baik di SPBU.
Muhammad Ridwan
Muhammad Ridwan - Bisnis.com 25 November 2021  |  12:45 WIB
Kendaraan antre untuk mengisi BBM di tempat peristirahatan KM 207 jalan tol Palimanan-Kanci, Jawa Barat, Jumat (23/6). - JIBI/Dwi Prasetya
Kendaraan antre untuk mengisi BBM di tempat peristirahatan KM 207 jalan tol Palimanan-Kanci, Jawa Barat, Jumat (23/6). - JIBI/Dwi Prasetya

Bisnis.com, JAKARTA – PT Pertamina (Persero) menegaskan bahwa kebersihan fasilitas toilet di stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) merupakan tanggung jawab dari pengelola. Pengelola pun harus memastikan konsumen mendapatkan pelayanan yang baik di SPBU.

Pjs Corporate Secretary PT Pertamina Patra Niaga Subholding Commercial & Trading Irto Ginting mengatakan, pihaknya telah mengatur untuk mengutamakan pelayanan yang baik kepada konsumen yang menggunakan fasilitas di SPBU.

“Kebersihan dan kenyamanan layanan yang diberikan di SPBU sudah merupakan kewajiban dari pihak pengelola SPBU,” katanya kepada Bisnis, Kamis (25/11/2021).

Sebelumnya, Himpunan Wiraswasta Nasional Minyak dan Gas (Hiswana Migas) mengklaim akan menjaga kebersihan toilet untuk memberikan kenyamanan kepada konsumen di SPBU.

Rachmad Muhammadiyah, Ketua Umum DPP Hiswana Migas, mengatakan bahwa toilet di SPBU merupakan bagian dari pelayanan kepada konsumen.

“Terkait arahan Bapak Menteri BUMN, saat ini kami berkoordinasi dengan para pengusaha SPBU dan juga dengan Pertamina agar semua fasilitas toilet di SPBU bisa gratis untuk konsumen SPBU,” ujarnya.

Ketua Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) Tulus Abadi pun mengatakan, sesuai dengan regulasi di PT Pertamina (Persero), seharusnya layanan toilet di SPBU tidak dipungut biaya kebersihan.

Pasalnya, hal itu menjadi salah satu persyaratan bagi mitra untuk mendapatkan sertifikat Pasti Pas dari Pertamina.

“Hanya saja di lapangan kadang beda implementasinya, ada yang benar benar gratis, ada yang tulisannya gratis tapi ada petugas yang berjaga sambil menyediakan kotak,” jelasnya.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pertamina spbu erick thohir
Editor : Lili Sunardi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode Bisnis Indonesia Logo Epaper
To top