Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Intip Isi Email Elon Musk ke Karyawannya. Bos Idaman Gak Sih?

Tidak hanya aktif di Twitter, pemilik Tesla ternyata juga rajin mengirimkan e-mail ke karyawannya. Bahkan, Elon Musk memberikan izin untuk mendengarkan musik bagi dengan satu earphone agar aman.
Nindya Aldila
Nindya Aldila - Bisnis.com 21 November 2021  |  15:03 WIB
Elon Musk, pendiri SpaceX dan chief executive officer Tesla Inc., saat tiba di acara penghargaan Axel Springer di Berlin, Jerman, belum lama ini - Bloomberg
Elon Musk, pendiri SpaceX dan chief executive officer Tesla Inc., saat tiba di acara penghargaan Axel Springer di Berlin, Jerman, belum lama ini - Bloomberg

Bisnis.com, JAKARTA - CEO Tesla Inc., Elon Musk seringkali mengirimkan email secara langsung kepada seluruh karyawannya. Yang terbaru, dia memperbolehkan karyawan di pabriknya untuk mendengarkan musik sambil bekerja.

Musk dikenal dengan gaya komunikasi masa spontannya, dari kata-kata kasar di Twitter sampai mengirim pesan melalui email kepada seluruh karyawannya secara langsung.

Namun, pada awal Oktober, melalui e-mail, Musk memberikan izin kepada karyawannya mendengarkan musik menggunakan earphone saat bekerja di pabrik.

Adapun, e-mail yang kedua berisi peringatan kepada karyawannya bahwa ada tiga alasan bagi Musk jika dia mengirim email secara langsung. Pertama, menjelaskan kenapa dia melakukan kesalahan. Kedua, memberikan klarifikasi dan ketiga, eksekusi.

Pada saat itu, Tesla baru saja mengumumkan penjualan kuartal III di tengah adanya gangguan pada rantai pasok, yang utamanya disumbang oleh kelangkaan chip.

Menurut laporan CNBC International, Musk telah mengirim sejumlah e-mail secara langsung dalam beberapa bulan terakhir, termasuk memberikan dorongan kepada karyawannya di pabrik Berlin.

Dia juga mengatakan kepada karyawannya bahwa dia setuju dengan analis Ark Invest pada September yang mengatakan bahwa saham Tesla dapat mencapai US$3.000 per lembar jika perusahaan dijalankan dengan baik.

Berikut adalah bunyi e-mail langsung dari Elon Musk kepada karyawannya:

1. E-mail Pertama

Kepada: Semuanya

Dari: Elon Musk

Tanggal: Minggu 3 Oktober [waktu diedit]

Subj. Musik di Pabrik

Hanya ingin mengatakan bahwa saya sangat mendukung musik di pabrik, serta setiap sentuhan kecil yang membuat pekerjaan lebih menyenangkan.

Seorang rekan baru saja mengirimi saya pesan yang menanyakan apakah kami dapat mendengarkan musik dengan satu earphone dan telinga yang lain dapat mendengarkan masalah terkait keselamatan. Kedengarannya bagus untuk saya.

Selain itu, suara latar dari speaker juga benar-benar keren selama ada kesepakatan yang masuk akal di antara rekan-rekan mengenai pilihan musik.

Jika ada hal lain yang menurut Anda akan meningkatkan hari Anda, beri tahu saya. Saya sangat peduli bahwa Anda senang bekerja setiap hari!

2. E-mail Kedua

Kepada: Semuanya

Dari: Elon Musk

Tanggal: Senin 4 Oktober [waktu disunting]

Subj. Tolong dicatat

Jika ada email dikirim dari saya dengan arahan yang jelas, hanya ada tiga tindakan yang diizinkan oleh manajer.

1. Email saya kembali untuk menjelaskan mengapa apa yang saya katakan salah. Terkadang, saya benar-benar salah!

2. Minta klarifikasi lebih lanjut jika apa yang saya katakan ambigu.

3. Jalankan petunjuknya.

Jika tidak ada hal di atas yang dilakukan, manajer tersebut akan diminta untuk segera mengundurkan diri.

Terima kasih,

Elon

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

elon musk tesla
Editor : Hadijah Alaydrus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top