Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Jokowi Ungkap Kunci Utama Pemulihan Ekonomi di 2022, Apa Itu?

Jokowi menyebutkan bahwa saat ini semua negara juga harus menghadapi tantangan di sektor ekonomi dengan kenaikan inflasi global.
Aprianus Doni Tolok
Aprianus Doni Tolok - Bisnis.com 18 November 2021  |  14:02 WIB
Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan pidato di acara Kompas100 CEO Forum di Istana Negara, Jakarta, Kamis (18/11 - 2021) / Youtube Setpres\r\n\r\n
Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan pidato di acara Kompas100 CEO Forum di Istana Negara, Jakarta, Kamis (18/11 - 2021) / Youtube Setpres\\r\\n\\r\\n

Bisnis.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan dunia kini tengah menghadapi berbagai ancaman selain pandemi Covid-19.

Dia menuturkan bahwa dunia saat ini berada dalam situasi ketidakpastian yang tinggi akibat pandemi Covid-19 hingga perubahan iklim dan dalam kompleksitas masalah yang tinggi.

"Terus menerus muncul masalah yang mau tidak mau harus dihadapi," kata Jokowi dalam pidatonya di acara Kompas100 CEO Forum, dikutip dari YouTube Harian Kompas, Kamis (18/11/2021).

Selain persoalan perubahan iklim, Jokowi menyebutkan bahwa saat ini semua negara juga harus menghadapi tantangan di sektor ekonomi dengan kenaikan inflasi global.

"Orang juga takut dengan tapering off, dan bingungnya negara-negara sekarang ini berkaitan dengan global supply chain dan ketergantungan kita pada satu, dua, tiga negara. Dan juga kesulitan kontainer hampir semua ini disrupsi yang mengacaukan," ujarnya.

Untuk bisa mengatasi seluruh tantangan tersebut, Jokowi menggarisbawahi pengendalian pandemi sebagai syarat mutlak yang harus dicapai semua negara.

Menurutnya, dengan pengendalian laju penularan Covid-19 secara otomatis kondisi perekonomian juga akan berangsur membaik.

"Kuncinya di tahun 2022 hanya satu. Kuncinya kita bisa mengendalikan yang namanya Covid. Kuncinya hanya itu. Kalau tidak bisa kita kendalikan, ekonominya akan turun dan terpuruk lagi," ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Jokowi Covid-19 pemulihan ekonomi
Editor : Fitri Sartina Dewi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

To top