Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Real Estat Indonesia (REI) dan 99 Group Luncurkan Sistem Informasi Ibu Kota Negara

Kementerian PPN/ Bappenas telah memproyeksikan jumlah penduduk dan urbanisasi di Ibu Kota Negara.
Pradesain Istana Negara berlambang burung Garuda di Ibu Kota Negara (IKN) karya seniman I Nyoman Nuarta / Twitter
Pradesain Istana Negara berlambang burung Garuda di Ibu Kota Negara (IKN) karya seniman I Nyoman Nuarta / Twitter

Bisnis.com, JAKARTA - Real estat Indonesia (REI) bersama 99 Group meluncurkan situs informasi terintegrasi seputar Ibu Kota Negara (IKN) baru di Kalimantan Timur. 

VP of Marketing 99 Group Indonesia Bharat Buxani mengatakan membangun Ibu Kota Negara (IKN) tidak hanya menyiapkan infrastruktur dan lingkungannya saja tetapi juga manusianya, baik yang akan pindah maupun yang telah lama menetap. 

Dalam proses pemindahan ibu kota ke Kalimantan Timur, aspek penting yang jadi perhatian adalah distribusi informasi yang jelas, cepat, dan akurat.

"Dalam pengembangan IKN Baru ada beberapa yang perlu diperhatikan yakni investasi ekonomi, pengembangan infrastruktur, pertumbuhan bisnis, dan tentunya akomodasi properti yang memadai," ujarnya dalam konferensi pers virtual bertajuk Launching Situs Data Properti Terintegrasi Untuk Ibu Kota Negara Baru, Jumat (12/11/2021).

99 Group menyadari hal utama yang perlu menjadi perhatian program pemerintah ini dengan membantu distribusi informasi yang akurat, tepat, dan edukatif kepada masyarakat luas. Fokus utama yang disorot oleh 99 Group dan REI, dalam pengembangan situs referensi IKN adalah penyajian informasi berbasis data yang tidak hanya komprehensif, namun juga akurat dan mudah digunakan

"Hal inilah yang menjadi landasan kami bersama REI didukung oleh Kementerian PPN/Bappenas meluncurkan informasi ini. Misi kami sederhana menyediakan platform terintegrasi yang dapat menjadi tujuan utama publik mendapatkan informasi seputar IKN baru," katanya. 

Namun demikian, informasi yang disediakan tidak sebatas dari industri properti saja tetapi juga topik strategis lainnya dan esensial yang perlu diketahui masyarakat. Situs informasi terintegrasi ini akan dikembangkan secara profesional dari Tim 99 Group.

"Dengan kekuatan teknologi dan pengalaman tim profesional, 99 Group melalui Rumah123.com dan 99.co siap menjadi sumber informasi Ibu Kota Negara yang tepercaya, akurat, dan edukatif," ucapnya. 

Oleh karena itu, mewujudkan hal tersebut, dukungan penuh dari REI dan Kementerian PPN menjadi pondasi utama dem imenyukseskan situs informasi terintegrasi IKN ini. Berangkat dari sinergi yang dibangun oleh ketiga pihak tersebut, diharapkan bisa membawa manfaat yang besar bagi seluruh kalangan.

Adapun pemilihan topik konten yang ada di situs informasi ini berdasarkan pada urgensi dan prioritas pengembangan kawasan yang terpadu dengan potensi hadir pusat ekonomi baru di Kalimantan. Berbagai konten menarik dan terbaik telah dikurasi oleh tim 99 Group untuk dapat dinikmati masyarakat. Selain artikel yang jadi sumber referensi utama, diversitas konten juga akan ditingkatkan secara bertahap guna mengakomodasi kebutuhan pembaca.

"Jadi untuk tahap awal, kita masih fokus di pembuatan konten yang berkualitas sebagai acuan informasi publik. Baru setelahnya, kami akan menambahkan beragam produk lainnya, seperti beberapa jenis konten interaktif, dan pastinya pilihan listing terbaik di Kalimantan Timur dan daerah sekitarnya,” tutur Bharat.

Real Estat Indonesia REI dan 99 Group Luncurkan Sistem Informasi Ibu Kota Negara
Real Estat Indonesia REI dan 99 Group Luncurkan Sistem Informasi Ibu Kota Negara

Manajemen Real Estat Indonesia (REI) dan 99 Group melakukan foto bersama saat peluncuran Sistem Informasi Ibu Kota Negara./istimewa

Ketua POKJA IKN REI Soelaeman Soemawinata menuturkan Kementerian PPN/ Bappenas telah memproyeksikan jumlah penduduk dan urbanisasi yang akan terjadi di IKN. Saat ini, penduduk setempat Ibu Kota Negara tercatat 100.000 jiwa. 

Jumlah tersebut diperkirakan bertambah menjadi 700.000 jiwa di 2025, kemudian berkembang menjadi 1,5 juta hingga 1,6 juta jiwa di 2035, hingga mencapai perkiraan 1,7 juta hingga 1,9 juta jiwa di 2045. 

Kalimantan Timur sejak dulu telah memiliki struktur sosial yang beragam. Sekitar 1,5 juta pendatang yang terdiri atas Aparatur Sipil Negara (ASN), TNI dan POLRI beserta keluarganya, serta pelaku ekonomi lainnya akan hadir di wilayah IKN baru nanti. Oleh karena itu, pemindahan IKN ke Kalimantan Timur perlu dipersiapkan sebaik mungkin agar prosesnya berjalan lancar sesuai rencana.

"Perencanaan matang dimulai dari penyatuan sumber informasi yang komprehensif mengenai pemindahan ibu kota ke Kalimantan, dan proyek sistrategisnya di berbagai bidang. 99 Group sebagai portal properti terdepan di Indonesia hadir sebagai garda terdepan guna menyiapkan kanal terintegrasi untuk berbagai informasi esensial seputar IKN," tuturnya.

Wakil Ketua Umum DPP REI Bidang Hubungan Luar Negeri Rusmin Lawin menambahkan kanal informasi terpadu ini tidak sekadar jadi bahan bacaan semata, namun juga dapat menjadi referensi pengambilan keputusan pebisnis properti dan investor.

“Di IKN baru kita nanti akan banyak proyek yang bernilai investasi tinggi. Dari sini tentu ekonomi akan semakin menggeliat di Kalimantan Timur, sehingga membuat orang tertarik untuk pindah kesana. Pastinya kebutuhan properti pun akan meningkat, dan kesempatan untuk para pebisnis datang memperkenalkan produk huniannya di sana semakin terbuka lebar,” ucap Rusmin. 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper