Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ini Fasilitas Rest Area Truk Berbasis Digital Milik Tommy Soeharto dan Tata Djuarsa

Tommy Soeharto dan Tata Djuarsa membangun rest area truk berbasis digital di Kawasan Industri PT Mandala Pratama Permai.
Anitana Widya Puspa
Anitana Widya Puspa - Bisnis.com 10 November 2021  |  13:06 WIB
Tommy Soeharto (tengah) memberikan keterangan pers bersama dengan pemilik Bintang Baru Raya Logistic Tata Djuarsa memberikan keterangan pers dalam peresmian Dawuan Depo Logistik Dawuan, Rabu (10/11/2021).  - Bisnis/Anitana W. Puspa
Tommy Soeharto (tengah) memberikan keterangan pers bersama dengan pemilik Bintang Baru Raya Logistic Tata Djuarsa memberikan keterangan pers dalam peresmian Dawuan Depo Logistik Dawuan, Rabu (10/11/2021). - Bisnis/Anitana W. Puspa

Bisnis.com, JAKARTA - Bintang Baru Raya Logistik (BBR) Logistics dan PT Mandala Pratama Permai bekerja sama membangun Rest Area Digital terintegrasi. Salah satunya menyediakan pool terpadu bagi pengusaha truk dalam menjalankan bisnisnya.

Pembangunannya dilakukan di kawasan industri milik Tommy Soeharto yakni Kawasan Industri PT Mandala Pratama Permai. Adapun, sejumlah terdapat fasilitas yang bisa mendukung kegiatan logistik.

Berdasarkan penelurusan Bisnis.com, Rabu (10/11/2021), di dalam Rest Area ini tersedia tempat istirahat pengemudi, Training Center yang melakukan rekrutmen dan pelatihan bagi calon sopir logistik dan akan disalurkan ke mitra (BBR) dan PT Global Putra Internasional (GPI).

Selain itu juga ada fasilitas bengkel Multi Brand, penyediaan Sparepart, food court, dan berbagai pendukung lain. Dengan fasilitas tersebut, para supir diharapkan dapat bekerja dengan baik, mempertimbangkan aspek keselamatan kerja, serta bisa menyiapkan unit kerjanya (truk) sebelum melakukan muat.

Rest Area ini juga akan dilengkapi dengan sistem IT untuk mengontrol truk masuk dan keluar, sehingga dapat terkoneksi dengan pengguna jasa Truck untuk melakukan online registrasi, serta tidak perlu menunggu lama di pabrik.

Kawasan Rest Area ini juga akan dilengkapi Security Sistem modern untuk menjamin keamanan. Dengan adanya fasilitas tersebut, diharapkan dapat memberi nilai lebih pada kawasan industri, karena ditunjang dengan fasilitas/sarana penting sebagai penunjang alur pendistribusian barang hasil industri maupun bahan baku industri.

BBR selaku pengelola Kawasan Parkir Truk Terintegrasi ini merupakan perusahaan logistik yang telah berpengalaman lebih dari 21 tahun dan telah banyak bekerja sama dengan perusahaan-perusahaan multinasional.

Selain menyiapkan fasilitas Parking, Rest Area ini juga menyediakan Warehouse bagi mitra yang tergabung, dan juga memfasilitasi Perusahaan atau Pengusaha Truck Perseorangan yang tergabung dengan Transportasi Management Sistem.

Secara teknis, Mandala Pratama Rest Area Modern Terintegrasi akan memberikan order muatan bagi pengusaha truk yang bergabung, dengan menerapkan sistem tagihan secara otomatis berdasarkan data order yang telah dicatat di sistem, sehingga supir dapat langsung melihat berapa nilai uang jalan dan pekerjaan yang ditetapkan oleh admin kantor melalui aplikasi handphone.

Kemudian, admin kantor akan mendapatkan dokumen tanda terima juga secara elektronik, sehingga bisa membuat tagihan tanpa menunggu mobil kembali.

Mandala Pratama Rest Area Modern Terintegrasi juga akan menerapkan sistem transparansi data, antara lain pengumpulan berbagai macam data kendaraan (data maintenance, utilisasi kendaraan, biaya-biaya operasional, laba/rugi per kendaraan, dan metric kendaraan lainnya secara real-time), sehingga para pengusaha truk yang bergabung dapat melakukan maintenance dengan tepat.

Menurut Direktur PT Mandala Permai Muhammad Saugi, adanya terminal Truck Modern Terintegrasi ini, tentunya bisa melengkapi sarana yang dibutuhkan Kawasan Industri, sehingga efisiensi akan lebih mudah dicapai. Selain pembenahan fasilitas fisik di dalam kawasan industri, perusahaan juga sedang melakukan modernisasi kawasan. Satu fasilitas yang kini diminati adalah logistik pergudangan (warehouse) yang terintegrasi dengan teknologi informasi.

Dengan teknologi informasi, fasilitas angkutan akan menjadi lebih efisien dan semakin menjangkau wilayah yang lebih luas. Selain itu, PT Mandala Pratama juga sedang melakukan pembangunan Pasar Induk untuk mendukung logistik pangan, serta pengolahan air untuk keperluan tenant kawasan industri.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

logistik tommy soeharto
Editor : Rio Sandy Pradana

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode Bisnis Indonesia Logo Epaper

BisnisRegional

To top