Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Trade Expo Indonesia 2021 Raup Transaksi US$3,99 Miliar, Kapan Realisasinya?

Sesi interaktif Trade Expo-Digital Edition (TEI-DE) 2021 meraup potensi transaksi senilai US$3,99 miliar dalam dua pekan pelaksanaannya yang berakhir pada 4 November 2021. Namun, potensi transaksi tersebut belum akan direalisasikan dalam waktu dekat.
Iim Fathimah Timorria
Iim Fathimah Timorria - Bisnis.com 06 November 2021  |  18:26 WIB
Trade Expo Indonesia. - Istimewa
Trade Expo Indonesia. - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – Sesi interaktif Trade Expo-Digital Edition (TEI-DE) 2021 meraup potensi transaksi senilai US$3,99 miliar dalam dua pekan pelaksanaannya yang berakhir pada 4 November 2021. Namun, potensi transaksi tersebut belum akan direalisasikan dalam waktu dekat.

Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Kementerian Perdagangan Didi Sumedi mengatakan, realisasi ekspor tidak dapat langsung dilakukan setelah penandatanganan komitmen dagang.

Setidaknya diperlukan waktu untuk menyelesaikan proses administrasi, serta perencanaan distribusi dan logistik yang baik.

“Berdasarkan komitmen dagang yang telah disepakati, sebagian besar pelaku usaha dan mitranya baru dapat merealisasikan ekspor paling cepat pada 2022, baik untuk yang sekali ekspor ataupun ekspor berulang pada tahun berikutnya,” kata Didi dalam jawaban tertulis kepada Bisnis, Sabtu (6/11/2021).

Realisasi yang sebagian besar dilakukan pada tahun depan tidak terlepas dari kemungkinan adanya pembahasan lebih lanjut antara eksportir dan buyer.

Didi juga mengatakan bahwa terdapat beberapa komitmen dagang yang akan berlaku sampai dengan 3 tahun ke depan dari masa diberlakukannya komitmen.

Dia juga memastikan, komitmen dagang yang dihasilkan dari TEI-DE 2021 tidak hanya dijalin dengan buyer dari negara-negara tradisional saja, melainkan juga dengan buyer dari negara nontradisional, seperti Brasil, Hungaria, Meksiko, dan Arab Saudi.

“Tentunya hal ini sebagai upaya penetrasi pasar nontradisional yang akan berdampak positif terhadap peningkatan nilai ekspor Indonesia,” lanjut Didi.

Peserta TEI-DE 2021 secara keseluruhan berjumlah 834 perusahaan yang terdiri atas perusahaan besar dan UMKM. Berdasarkan data yang dihimpun Kementerian Perdagangan, jumlah peserta TEI-DE dengan skala UMKM sebanyak 572 perusahaan atau sekitar 69 persen dari total peserta.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

transaksi trade expo indonesia
Editor : Lili Sunardi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode Bisnis Indonesia Logo Epaper
To top