Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Medco Power Mulai Pilot Project Ekspor Listrik ke Singapura

Medco Power bersama sejumlah korporasi akan mengembangkan pilot project ekspor listrik tenaga surya dari Indonesia ke Singapura setelah menerima Izin prinsip dari Energy Market Authority (EMA) Singapura.
Penandatanganan Joint Development Agreement Proyek Bulan./Istimewa
Penandatanganan Joint Development Agreement Proyek Bulan./Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – Medco Power bersama sejumlah korporasi akan mengembangkan pilot project ekspor listrik tenaga surya dari Indonesia ke Singapura setelah menerima izin prinsip dari Energy Market Authority (EMA) Singapura.

Proyek itu dilakukan antara Medco Power dan Konsorsium PacificLight Power Pte Ltd (PLP) bersama Gallant Venture Ltd, yang merupakan bagian dari Salim Group. Pada tahap awal, kapasitas yang disalurkan ke Singapura mencapai 670 megawatt peak (MWp).

Angka itu setara dengan penyediaan listrik sekitar 100 MW non-intermiten ke Singapura. Upaya tersebut dilakukan negara itu sebagai bagian dari program Singapore Green Plan 2030 untuk meningkatkan porsi energi terbarukan.

Selain itu, konsorsium telah menandatangani Joint Development Agreement saat acara Singapore International Energy Week pada 25 Oktober 2021.

Agenda itu juga dihadiri Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Indonesia Arifin Tasrif, Menteri Tenaga Kerja/Menteri Kedua Perdagangan dan Perindustrian Singapura, Duta Besar Indonesia untuk Singapura, dan Chief Executive EMA.

CEO Medco Power Eka Satria mengatakan bahwa pihaknya merupakan salah satu independent power producer (IPP) terbesar di Indonesia dengan komitmen pada energi bersih dan terbarukan, serta mempunyai pengalaman dalam mengembangkan proyek pembangkit EBT.

Beberapa di antaranya adalah PLTP Sarulla, PLTP Ijen, dan PLTS Sumbawa untuk mendukung operasi tambang.

“Kami menyambut baik kerja sama dengan PLP dan Salim Group dalam mengembangkan Proyek PLTS Pulau Bulan. Untuk Indonesia, proyek ini akan membawa banyak manfaat, antara lain meningkatkan investasi di bidang EBT, kesempatan peningkatan lapangan kerja dan industri terkait,” katanya dalam keterangan resmi, Senin (25/10/2021).

Roberto Lorato, CEO Medco Energi menambahkan bahwa proyek tersebut merupakan bagian dari komitmen perusahaan terkait perubahan iklim dan rencana pengembangan portfolio energi terbarukan.

Medco Power memiliki dan mengoperasikan pembangkit listrik dengan total kapasitas (gross) lebih dari 3,1 gigawatt (GW) di 15 lokasi di Indonesia.

Selain dari operasi yang sudah ada, Medco Power sedang mengembangkan PLTP Ijen 2x55 MW di Jawa Timur, PLTGU Riau dengan kapasitas 275 MW, dan proyek PLTS 2x25 MWp di wilayah Bali, serta PLTS Sumbawa dengan kapasitas 26,8 MWp.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Rayful Mudassir
Editor : Lili Sunardi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper