Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Setelah Nada Hawkish The Fed, Investor Obligasi Bersiap Hadapi Tahun Terburuk

Indeks Agregat Global Bloomberg, tolok ukur untuk utang pemerintah dan perusahaan, telah kehilangan 4,1 persen sepanjang tahun ini (year to date/ytd). Angka tersebut merupakan penurunan terbesar untuk periode tersebut setidaknya sejak 1999.
Pialang memperhatikan Yield SUN Indonesia/Antara-Prasetyo Utomo
Pialang memperhatikan Yield SUN Indonesia/Antara-Prasetyo Utomo

Bisnis.com, JAKARTA - Investor obligasi global menghadapi tahun terburuk dalam lebih dari dua dekade setelah aksi jual pada bulan September lalu mewarnai pasar. Hal tersebut dipicu oleh pernyataan hawkish dari para bankir sentral AS termasuk Ketua Federal Reserve Jerome Powell.

Indeks Agregat Global Bloomberg, tolok ukur untuk utang pemerintah dan perusahaan, telah kehilangan 4,1 persen sepanjang tahun ini (year to date/ytd).

Angka tersebut merupakan penurunan terbesar untuk periode tersebut setidaknya sejak 1999. Komentar bulan lalu dari Powell yang mengatakan bahwa The Fed dapat mulai mengurangi pembelian obligasi pada November ini dan langkah Bank of England untuk menaikkan suku bunga dalam waktu memicu lonjakan imbal hasil obligasi secara global.

Ada beberapa keputusan bagi investor aset fixed income setelah mereka memperkirakan lebih sedikit dukungan bank sentral dan risiko inflasi yang lebih tinggi dipicu oleh membaiknya ekonomi, melihat penurunan kasus Covid-19.

Indeks imbal hasil untuk surat utang perusahaan AS dan Eropa mengalami penurunan bulanan pertama pada tahun 2021. Indeks Agregat Global Bloomberg kehilangan 1,8 persen pada bulan September, penurunan terbesar sejak Maret.

Sementara imbal hasil pada benchmark obligasi US Treasury 10-tahun pada hari Jumat (1/10/2021) mundur dari level tertinggi sejak Juni dan pasar melihat kemungkinan lebih besar untuk kenaikan suku bunga. Kekhawatiran investor lazim di pasar global bahwa bank sentral meremehkan risiko inflasi, karena krisis energi di negara-negara termasuk China mendorong harga komoditas energi lebih tinggi.

"Kami percaya bahwa biasnya adalah suku bunga akan terus naik di bulan Oktober," kata Todd Schubert, Kepala Penelitian Pendapatan Tetap di Bank of Singapore Ltd.

Kemampuan Partai Demokrat di AS untuk mengatasi keretakan pada agenda ekonomi Presiden Joe Biden, termasuk pajak dan rencana pengeluaran sebesar US$3,5 triliun, juga akan menjadi kunci untuk seberapa tinggi kenaikan suku bunga acuan di AS nantinya dan bagaimana pengembalian obligasi berakhir tahun ini.

Kamis lalu (30/9/2021), parlemen AS menghabiskan pertemuan hingga malam hari tanpa memberikan suara pada tagihan infrastruktur senilai US$550 miliar. Parlemen akan bertemu kembali pada Jumat ini, setelah Demokrat gagal mencapai kesepakatan tentang sisa rencana pengeluaran Biden.

Suku bunga yang lebih tinggi bukan satu-satunya perhatian bagi investor obligasi. Krisis utang di pengembang China Evergrande Group telah mendorong kerugian pada Yuan China menjadi 13 persen sepanjang tahun ini dan menyeret turunnya pengembalian obligasi pasar berkembang juga.

Keuntungan dolar AS di pasar berkembang sepanjang awal 2021 hingga Agustus kemarin terhapus bulan lalu karena pasar bergejolak.

“Sampai ketidakpastian di sekitar Evergrande mereda, kami tidak mengharapkan rebound yang nyata dalam kredit korporasi pasar berkembang,” kata Schubert dari Bank of Singapore.

Sementara itu, Kepala Peneliti Pasar Fixed Income di Maybank Kim Eng Securities Winson Phoon mengharapkan ada jeda pada Oktober ini, menyusul 'mini tantrum' dalam obligasi.

Dia berharap tidak ada pembalikan tajam dalam imbal hasil obligasi. "Harga saat ini terlihat lebih masuk akal dan kenaikan tambahan akan membutuhkan cetakan kuat dalam data ekonomi."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Hadijah Alaydrus
Sumber : Bloomberg
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper